Ahad 11 Jun 2023 10:35 WIB

Trump Tuding Biden Berupaya Jegal Dirinya dalam Pemilu 2024 Lewat Tuntutan Pidana

Jaksa penuntut membuka 37 dakwaan 37 terhadap Donald Trump pada Jumat.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Friska Yolandha
Mantan Presiden Donald Trump memberi isyarat setelah berbicara pada Konvensi Partai Republik Carolina Utara di Greensboro, N.C., Sabtu, 10 Juni 2023.
Foto:

Sebagian besar saingan Trump menuduh Departemen Kehakiman bias politik. Hal ini mencerminkan ketakutan mereka bahwa tuduhan itu akan mengecewakan pendukung inti Trump, yang dianggap memiliki porsi 30 persen dari pemilih Republik.

Trump menggambarkan kampanyenya untuk kembali ke Gedung Putih sebagai bagian dari perjuangan epik untuk mengalahkan kekuatan jahat. Dia mengatakan, ini merupakan ancaman yang lebih besar bagi negara daripada ancaman musuh seperti Rusia, Korea Utara dan Iran.

"Pikirkan itu, dari dalam lebih buruk daripada dari luar," kata Trump.

Jaksa Agung AS, Merrick Garland menunjuk dua penasihat khusus yang berbeda untuk menyelidiki secara independen penanganan catatan rahasia oleh Trump dan Biden. Sebelumnya sejumlah dokumen rahasia ditemukan kediaman dan kantor lembaga think tank Biden. 

Biden bersikap kooperatif kepada penyidik dan menyerahkan semua dokumen rahasia tersebut. Trump berusaha menyamakan penyelidikan atas perilakunya dengan perilaku Biden. Namun para ahli hukum mengatakan ada perbedaan yang mencolok.  Selama lebih dari setahun, Trump menolak upaya Arsip Nasional untuk mengambil semua catatan yang dia simpan. Menurut dakwaan, Trump berupaya untuk menyembunyikan dokumen dari pengacara dan penyelidiknya.  

Sementara dalam kasus Biden, pengacaranya memberikan pemberitahuan kepada Arsip Nasional dan Departemen Kehakiman tentang penemuan dokumen rahasia. Departemen Kehakiman belum mengatakan apakah mereka akan mendakwa Biden.

"Biden tidak didakwa. Dan apa yang dia lakukan sangat buruk," kata Trump.  

Trump menyebut Jack Smith, penasihat khusus yang mendakwanya, sebagai penjahat. Trump menyerukan pemecatan pejabat yang menyelidikinya.  

"Ini sarang orang sakit yang harus segera dibersihkan. Keluarkan mereka," ujar Trump.

Dalam pidatonya di Georgia, Trump mengatakan, lelucon tentang dakwaan akan semakin memperkuat dukungannya di dalam partai. Hal ini mirip dengan bagaimana dakwaan di New York pada Maret atas pembayaran uang tutup mulut kepada seorang bintang porno meningkatkan peringkatnya dalam jajak pendapat utama.

"Satu-satunya hal yang baik adalah itu mendorong peringkat jajak pendapat saya naik," ujar Trump. 

 

 

 

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement