Ahad 11 Jun 2023 11:45 WIB

Jepang Berencana Buang Limbah PLTN Fukushima, Warga Korsel Borong Garam Laut

Konsumen Korsel juga membeli banyak boga bahari karena khawatir pasokan berkurang.

Rep: Lintar Satria/ Red: Friska Yolandha
Garam laut. Permintaan garam laut di Korea Selatan (Korsel) melonjak setelah Jepang mengumumkan akan membuang limbah PLTN Fukushima ke laut.
Foto:

Garam laut menjadi topik paling banyak dicari situs jual beli yang dikelola Federasi Koperasi Perikanan Nasional Korsel pada Jumat (9/6/2023). Unggahan yang membahas membeli garam laut dalam jumlah besar dan mengajak orang lain melakukannya juga viral di media sosial.

"Kami membeli rumput laut dan ikan teri untuk tiga tahun dan satu karung besar garam laut," kata sebuah cicitan viral di Twitter Korea.

Cabang Federasi Koperasi Pertanian Nasional yang dikenal Nonghyup di Kabupaten Sinan yang terkenal dengan produksi garam lautnya mengatakan volume pembelian dan pemesanan garam laut naik akhir-akhir ini.

Beberapa hari terakhir saham pabrik-pabrik guram dan boga bahari  Korsel juga merangkak naik. Saham perusahaan kecil-menengah yang fokus pada produk garam, Insanaga, naik 28 persen pada Rabu (7/6/2023) lalu. Saham perusahaan ikan tuna kalengan Sajo Seafood juga naik 6 persen lebih.

Kenaikan saham ini mulai terjadi setelah stasiun televisi Jepang NHK melaporkan terowongan bawah laut yang digunakan untuk membuang limbah PLTN Fukushima ke laut sudah diisi dengan air laut.

 

sumber : Reuters

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement