Senin 12 Jun 2023 15:18 WIB

Saudi Teken Kesepakatan 5,6 Miliar Dolar AS dengan Produsen Mobil Listrik Cina

Investasi langsung Cina ke pasar Arab pada tahun 2021 mencapai 23 miliar dolar AS.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nidia Zuraya
Mobil LIstrik (ilustrasi)
Foto: revisionenergy.com
Mobil LIstrik (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Kantor berita Arab Saudi melaporkan Kementerian Investasi Arab Saudi menandatangani kesepakatan senilai 5,6 miliar dolar AS dengan perusahaan mobil listrik Cina, Human Horizon. Kerjasama ini meliputi pengembangan, manufaktur dan penjualan mobil.

Kesepakatan ini mencakup lebih dari investasi senilai 10 miliar dolar AS yang ditandatangani di hari pertama Konferensi Bisnis Arab-Cina di Riyadh, Ahad (11/6/2023). Investasi perekonomian nomor dua di dunia dengan negara-negara Arab mencakup di bidang energi terbarukan, pertanian, real estate, besi, pariwisata dan kesehatan.

Baca Juga

Meski hubungan antara Arab Saudi dan Cina masih terikat dengan energi. Tapi terdapat upaya untuk memperluas kerja sama di bidang non-minyak sebagai bagian dari upaya Arab Saudi mendiversifikasi perekonomiannya.

Salah satunya membangun industri pabrik mobil listrik dalam negeri. Human Horizons pabrik mobil listrik di bawah mereka HiPhi di Cina.

Dalam pernyataannya Arab Saudi mengatakan investasi langsung Cina ke pasar Arab pada tahun 2021 mencapai 23 miliar dolar AS. Sekitar 3,5 miliar dolar AS ke Arab Saudi.

Pada Maret lalu Human Horizons mengatakan akan meluncurkan merek premium Hiphi di beberapa pasar Eropa pada tahun ini. Perusahaan itu mulai memperluas pasarnya keluar negeri.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement