Selasa 13 Jun 2023 03:30 WIB

Angkatan Udara Amerika Serikat dan Indonesia Ikut Serta dalam Latihan Cope West 23

Latihan Cope West 23 akan digelar pada 12 sampai 23 Juni.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nidia Zuraya
Pesawat latih tempur milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU). ilustrasi
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Pesawat latih tempur milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU). ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Personel dan pesawat dari 8th Fighter Wing Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) dan TNI Angkatan Udara akan mengikuti “Cope West 2023”, latihan tempur taktis bilateral di Pangkalan Angkatan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Indonesia, 12 sampai 23 Juni.

Sekitar 100 personel Angkatan Udara AS akan turut serta dalam latihan lapangan bersama personel TNI AU. Enam pesawat F-16 Angkatan Udara AS dan 7 pesawat TNI AU akan berpartisipasi dalam latihan tahun ini.

Baca Juga

Peserta dari AS dan Indonesia akan melatih kemampuan tempur taktis, evaluasi kemahiran, identifikasi latihan masa depan, dan meningkatkan kemampuan lain yang terkait dengan berbagai misi bilateral.

“Terima kasih kepada semua orang yang terlibat dalam proses perencanaan,” ujar Letnan Kolonel Angkatan Udara AS Eric Broyles, komandan Skuadron Tempur ke-35, pada upacara pembukaan latihan, dalam siaran pers yang Republika terima, Senin (12/6/2023).  

“Butuh banyak usaha untuk sampai ke titik ini. Kami berterima kasih atas kesempatan untuk tumbuh bersama, baik dalam taktik maupun persahabatan,” tambah Broyles.

Angkatan Udara Pasifik, berkoordinasi dengan berbagai komponen, sekutu, dan para mitra, memberikan kemampuan udara, angkasa, dan ruang siber yang tak tertandingi bagi Komando Indo-Pasifik Amerika Serikat untuk menegakkan tatanan internasional dan memastikan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Cope West adalah latihan rutin yang pertama kali dilakukan pada tahun 1989. Tahun ini menandai kesepuluh kalinya Cope West diselenggarakan di Indonesia.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement