Ahad 18 Jun 2023 12:24 WIB

Rusia Tembaki Kapal Penuh Korban Banjir Saat Proses Evakuasi

Rusia membiarkan perahu lewat, ketika perahu penuh pengungsi mereka mulai menembak

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Kapal penyelamat kecil Ukraina melintasi banjir dan menyelamatkan para korban.
Foto:

".... Tidak ada bantuan, tidak ada evakuasi. Mereka meninggalkan orang-orang sendirian untuk menghadapi bencana,” kata Yulia Valhe yang dievakuasi dari kota Oleshky yang diduduki Rusia.

“Saya punya teman-teman yang tinggal di sana, orang-orang yang saya kenal membutuhkan bantuan. Saat ini saya tidak bisa melakukan apa pun kecuali mengatakan kepada mereka, 'Tunggu,'" ujarnya.

Juru bicara pemerintah Ukraina Oleksandr Tolokonnikov menyatakan, sekitar 150 orang telah diselamatkan oleh Ukraina dari wilayah yang dikuasai Rusia dalam operasi evakuasi yang berisiko. Ini adalah sebagian kecil dibandingkan dengan hampir 2.750 orang yang diselamatkan dari daerah banjir yang dikendalikan oleh Ukraina.

Sebuah organisasi lokal Helping to Leave yang membantu warga Ukraina yang hidup di bawah pendudukan Rusia untuk melarikan diri mengatakan, telah menerima permintaan dari 3.000 orang di zona pendudukan. “Kami pasti akan melakukan semua yang kami bisa, tetapi kami juga tidak dapat membahayakan orang-orang kami,” kata Dina Urich yang mengepalai departemen evakuasi organisasi tersebut.

“Rusia terus mengancam kami dan memenuhi ancaman mereka dengan menembak orang dari belakang,” ujarnya.

sumber : AP
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement