Senin 19 Jun 2023 15:05 WIB

Cerita Kenangan Masa Kecil Kaisar Naruhito Soal Kebun Raya Bogor

Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako diterima Presiden Jokowi di Istana Bogor.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Nidia Zuraya
Kaisar Jepang Naruhito (kanan) berbicara dengan istrinya Permaisuri Masako (tengah) dan Ibu Negara Indonesia Iriana Joko Widodo (kiri) selama kunjungan mereka ke Kebun Raya Bogor dekat Istana Kepresidenan di Bogor, Indonesia, (19/6/2023).
Foto: EPA-EFE/WILLY KURNIAWAN / POOL
Kaisar Jepang Naruhito (kanan) berbicara dengan istrinya Permaisuri Masako (tengah) dan Ibu Negara Indonesia Iriana Joko Widodo (kiri) selama kunjungan mereka ke Kebun Raya Bogor dekat Istana Kepresidenan di Bogor, Indonesia, (19/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Deputi Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden, Bey Machmudin menceritakan alasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito mengunjungi Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Senin (19/6/2023).

Menurut Bey, Presiden Jokowi mendapatkan informasi mengenai kenangan Kaisar Naruhito saat kecil soal Kebun Raya Bogor. Saat itu, orang tuanya sempat menceritakan diajak berjalan-jalan oleh Presiden Soekarno di Kebun Raya Bogor pada 1962.

Baca Juga

"Bapak Presiden mendapat informasi bahwa Kaisar Naruhito tertarik pada Kebun Raya Bogor, karena Naruhito kecil mendengarkan cerita langsung dari orang tuanya saat diantar jalan-jalan oleh Presiden Sukarno pada tahun 1962," kata Bey.

Karena itu, dalam kunjungan Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito dan Permaisuri Masako ke Istana Kepresidenan Bogor siang ini, Presiden Jokowi pun mengajak Kaisar dan Permaisuri mengunjungi Griya Anggrek di Kebun Raya Bogor. Di sana mereka melihat koleksi berbagai anggrek.

"Untuk itu, Presiden mengajak Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako mengunjungi Griya Anggrek yang berada di Kebun Raya Bogor," kata dia.

Selain mengunjungi Kebun Raya Bogor, Jokowi juga mengajak Kaisar dan Permaisuri menanam pohon gaharu di belakang Istana Kepresidenan. "Jadi menanam pohon, ke Kebun Raya, dan joint press statement menjadi rangkaian acara hari ini yang dihadiri Bapak Presiden Jokowi dan Ibu Iriana bersama Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako," ujarnya.

Sementara itu saat pernyataan pers bersama, Kaisar Naruhito menyampaikan sangat senang mengunjungi Indonesia. Kunjungannya ke Indonesia ini merupakan kunjungan pertama kali.

"Selama kami tinggal, kami dapat memperdalam pemahaman kami tentang masyarakat dan budaya negara anda yang beragam, serta sejarah Indonesia dan sejarah mereka yang telah bekerja keras untuk mempromosikan hubungan persahabatan antara kedua negara," kata Kaisar Naruhito.

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa pertukaran generasi muda antara kedua negara semakin meningkatkan hubungan persahabatan.

"Presiden dan istrinya baru saja memberi kami sambutan yang hangat, mengajak kami berkeliling melihat kebun raya dan juga memperlihatkan kami berbagai anggrek secara mendetail. Saya ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada Anda," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement