Selasa 20 Jun 2023 14:43 WIB

Ukraina Buat Tiga Lapis Pertahanan Udara Hadapi Serangan Rudal Rusia 

Taktik Rusia menggunakan drone murah untuk menguras pertahanan Ukraina.

Jet Angkatan Udara Rusia Mikoyan MiG-31K membawa rudal balistik Kh-47M2 Kinzhal terbang di atas Lapangan Merah selama latihan untuk parade militer Hari Kemenangan di Moskow, Rusia, pada 7 Mei 2021.
Foto:

Jadi, kata dia, ini bergantung siapa yang tetap bertahan. "Siapa yang kehabisan kekuatan lebih dulu. Rusia dengan rudalnya atau pertahanan udara yang dipasok dari sekutu-sekutu kami.’’ Washington, paling tidak memasok 12 sistem pertahanan udara, Avenger. 

Sak menambahkan, salah satu prioritas Ukraina terkait transformasi angkatan bersenjata dan kemampuan pertahanan udara adalah menciptakan lapis sistem pertahanan udara dengan menggabungkan Avenger dan Patriot yang juga produksi AS. 

Avenger, sistem pertahanan jarak pendek, yang bisa menjangkau jarak hingga 5 km, sedangkan Patriot mampu menjangkau jarak minimal 3 km dan maksimal 80 km. Sak menjelaskan, dengan Avenger mobilitasnya lebih leluasa dan lebih murah dibandingkan Patriot. 

Pada Mei lalu, Angkatan Udara Ukaraina menembak jatuh 149 rudal jelajah, 399 drone, tujuh rudal hipersonik Kinzhal, tiga rudal balistik, serta 11 rudal Iskander. Sedangkan pada April, 73 drone berhasil ditembak jatuh dan 21 rudal jelajah. 

 

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement