Selasa 27 Jun 2023 07:50 WIB

Sejumlah Menteri Israel Terang-terangan Dukung Kekerasan Pemukim Yahudi ke Warga Palestina

Menteir Israel terang-terangan mendukung aksi terorisme pemukim Yahudi

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Menteri Israel terang-terangan mendukung aksi terorisme pemukim Yahudi terhadap warga Palestina di desa-desa Tepi Barat
Foto: EPA-EFE/ATEF SAFADI
Menteri Israel terang-terangan mendukung aksi terorisme pemukim Yahudi terhadap warga Palestina di desa-desa Tepi Barat

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Para menteri dari koalisi penguasa sayap kanan di Israel secara terang-terangan mendukung aksi terorisme pemukim Yahudi terhadap warga Palestina di desa-desa Tepi Barat. Pengungkapan itu terjadi setelah ratusan pemukim Yahudi ekstremis membakar mobil, rumah, pertanian, dan properti lainnya di beberapa desa Palestina di wilayah pendudukan Tepi Barat.

Tentara Israel, badan keamanan Shin Bet dan polisi mengeluarkan pernyataan bersama pada Sabtu (24/6/2023) malam mengutuk serangan pemukim dan mencap mereka sebagai terorisme nasionalis. Namun Menteri Keuangan Bezalel Smotrich mengecam pernyataan tersebut. Dia justru menyerukan tindakan keras terhadap warga Palestina.

Baca Juga

"Upaya untuk menciptakan kesetaraan antara teror pembunuh Arab dan tindakan balasan sipil (Israel), betapapun seriusnya, adalah salah secara moral dan berbahaya pada tingkat praktis," ujar Smotrich, dilaporkan Middle East Monitor, Senin (26/6/2023).

"Pasukan Pertahanan Israel (IDF) dan pasukan keamanan harus bertindak dengan ketegasan yang jauh lebih besar. Kami tidak dapat menerima situasi di mana para pemukim merasa seperti bebek yang duduk di jalan dan di sekitar pemukiman," ujar Smotrich menambahkan.

Sementara Menteri Energi, Israel Katz, mengatakan, terorisme adalah teror yang dilakukan warga Palestina terhadap orang Yahudi, tentara, dan orang tak berdosa. Dalam insiden terkait, Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben-Gvir memerintahkan polisi untuk menyelidiki hukuman kolektif di permukiman Ateret di Tepi Barat. Para pemukim mengklaim tentara Israel telah menutup gerbang permukiman.

Namun, belakangan terungkap bahwa para pemukim yang menyerang desa Palestina, Umm Safa menutup gerbangnya sendiri. Dengan demikian, tentara Israel tidak dapat masuk dan melacak mobil yang digunakan dalam penyerangan tersebut.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement