Rabu 28 Jun 2023 13:09 WIB

Ukraina Yakin Nasib Putin Tinggal Menunggu Hitung Mundur 

Penasihat presiden Ukraina menyatakan Putin kehilangan otoritas.

Presiden Rusia Vladimir Putin memberi isyarat saat meninggalkan sesi pleno Forum Ekonomi Internasional St. Petersburg di St. Petersburg, Rusia, Jumat, 16 Juni 2023.
Foto:

Namun, secara terpisah, Sekjen NATO Jens Stoltenberg mengingatkan negara anggota untuk tidak meremehkan kekuatan militer Rusia, menyusul pemberontakan kelompok tentara bayaran, Wagner. Di sisi lain, ia menegaskan, kesiapan pasukan NATO berhadapan dengan Rusia. 

Maka, ia berencana mendorong agar negara anggota meningkatkan kekuatan dan kesiapan pasukan NATO menghadapi Rusia dan sekutu dekatnya, Belarusia dalam pertemuan pemimpin negara NATO di ibu kota Lithuania, Vilnius pada 11-12 Juli mendatang.

"Jadi, Moskow dan Minks, jangan salah paham juga mengenai kekuatan NATO membela sekutu kami menghadapi berbagai potensi ancaman apa pun,’’ kata Stoltenberg dalam pertemuan delapan pemimpin negara NATO di Den Haag, Belanda, Selasa (27/6/2023). 

Presiden Lithuanian Gitanas Nausėda juga menyampaikan peringatan, negara-negara tetangganya harus mengahdapi bahaya lebih besar jika kelompok tentara bayaran, Wagner, menempatkan pembunuh berantainya di Belarusia. 

Meski demikian, menurut Stoltenberg masih terlalu dini menyimpulkan apa yang akan dilakukan pemimpin Wagner, Yevgeny Prigozhin dan pasukannya atau mereka akan berakhir di Belarusia dalam status pengasingan.

 

sumber : Reuters

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement