Selasa 04 Jul 2023 08:09 WIB

Erdogan: Swedia tak akan Dapat Persetujuan Turki Masuk NATO

Unjuk rasa pada Idul Adha berupa pembakaran Alquran lebih jauh membuat marah Turki.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan
Foto:

Bulan lalu, Sekjan NATO Jens Stoltenberg menyatakan Swedia dan Turki akan melakukan pertemuan tingkat tinggi di Brussels, Belgia mengenai kemungkinan Swedia menjadi anggota sebelum pertemuan di Vilnius, Lithuania pada 11-12 Juli mendatang. 

Swedia dan Finlandia mengajukan permohonan menjadi anggota NATO tahun lalu. Mereka mengakhiri kebijakan tak memihak pada aliansi militer manapun setelah Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari 2022. 

Proposal keanggotaan harus mendapatkan persetrujuan dari semua anggota NATO. Finlandia akhirnya mendapatkan persetujuan. Namun, Turki dan Hungaria sampai sekarang belum memberikan lampu hijau kepada Swedia. 

Swedia memang masih berjuang mendapatkan persetujuan seluruh anggota untuk resmi menjadi anggota NATO. Turki dan Hungaria masih keberatan Swedia masuk. AS dan NATO bahkan membujuk Turki agar segera meratifikasi proposal keanggotaan Swedia. 

Baca Juga: NATO: Serangan Balik Ukraina tak Alami Kemajuan

Apa sebenarnya yang dimiliki Swedia dan bisa ditawarkan ke NATO. Saat negara ini bergabung kelak, mereka bisa membantu aliansi ini mengatasi kerentanan mereka di wilayah barat laut Eropa, yaitu Laut Baltik. 

Laut Baltik merupakan perairan irisan Rusia dengan akses ke sejumlah pelabuhan di delapan negara lainnya termasuk Jerman.  Dalam konteks ini, Swedia memiliki kekuatan strategis di perairan berupa kapal selam yang selama ini dikenal mumpuni. 

Pakar mengungkapkan, kapal selam Swedia paling canggih dari kapal selam konvensional yang pernah dibuat.’’Kapal Swedia dipersiapkan menghadapi lingkungan semacam ini dan akan menambah kemampuan kapal selam NATO di Baltik,’’ ujar petinggi NATO, Senin (3/7/2023).

sumber : Reuters

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement