Selasa 04 Jul 2023 15:52 WIB

Israel Ketakutan, Semakin Banyak Pemuda Palestina di Jenin Angkat Senjata

Israel berupaya menghancurkan kelompok-kelompok perlawanan baru Palestina.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Israel khawatir dengan keberadaan pemuda di Jenin yang semakin gencar mengangkat senjata.
Foto: EPA-EFE/ALAA BADARNEH
Israel khawatir dengan keberadaan pemuda di Jenin yang semakin gencar mengangkat senjata.

REPUBLIKA.CO.ID, JENIN -- Jenin baru-baru ini mengalami serangan intensif oleh pasukan Israel, terutama sejak 2021. Israel khawatir dengan keberadaan pemuda di Jenin yang semakin gencar mengangkat senjata. Mereka melakukan perlawanan untuk keluar dari tekanan pendudukan Israel dan kecewa dengan berkurangnya efektivitas Otoritas Palestina (PA).

Kamp pengungsi Jenin menampung pejuang bersenjata dari beberapa faksi. Israel menganggap Jenin sebagai pusat aktivitas teroris, bukan perlawanan. Salah satu tujuan utama serangan Israel di Tepi Barat selama dua tahun terakhir adalah menghancurkan kelompok-kelompok perlawanan baru Palestina. Serangan Israel ini merupakan bagian dari operasi yang disebut "Break the Wave".

Baca Juga

Pada 2022, pasukan Israel membunuh lebih dari 170 warga Palestina, termasuk setidaknya 30 anak-anak di Yerusalem Timur dan Tepi Barat. Serangan pada 2022 digambarkan sebagai tahun paling mematikan bagi warga Palestina yang tinggal di daerah Jenin sejak 2006.

Sejak awal 2023, pasukan Israel telah menewaskan sedikitnya 160 warga Palestina, termasuk 26 anak-anak. Korban tewas termasuk 36 warga Palestina yang dibunuh oleh tentara Israel selama serangan empat hari di Jalur Gaza antara 9 dan 13 Mei.

Serangan terbaru Israel di Jenin dimulai pada Ahad (2/7/2023) malam dengan setidaknya 10 serangan udara di daerah padat, yang menampung sekitar 14 ribu warga Palestina. Serangan itu termasuk serangan pesawat tak berawak dan rudal yang merusak bangunan dan infrastruktur. Serangan Israel tersebut menyebabkan asap tebal mengepul dari reruntuhan bangunan.

Israel tidak menggunakan serangan pesawat tak berawak di Tepi Barat sejak 2006. Pada 21 Juni, Israel mengerahkan pesawat tak berawak untuk menyerang Jenin yang menewaskan beberapa orang dan membuat marah para pejuang Palestina.

Setelah penyerangan, pasukan Israel kemudian mengepung kamp pengungsian menggunakan puluhan kendaraan lapis baja sebagai persiapan untuk operasi militer darat besar-besaran, sehingga menyebabkan kerusakan parah pada rumah dan jalan. Sekitar 150 kendaraan lapis baja dan 1.000 tentara dari pasukan khusus elit, militer, intelijen umum, polisi, dan polisi perbatasan berpartisipasi dalam operasi tersebut.  

Pintu masuk kota ditutup menggunakan traktor, sehingga membantu pasukan masuk ke Jenin. Baku tembak terjadi setelah pasukan Israel memasuki kamp dan berhadapan dengan pejuang perlawanan Palestina.

Penduduk setempat melaporkan, peluru ditembakkan tanpa pandang bulu ke rumah mereka. Wakil Gubernur Jenin, Kamal Abu al-Rub mengatakan, tentara Israel memutus semua listrik, telekomunikasi, dan air sebagai hukuman kolektif untuk semua penduduk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement