Kamis 13 Jul 2023 11:12 WIB

New Delhi Evakuasi Ratusan Penduduk Hadapi Banjir

Rekor curah hujan meningkatkan ketinggian air di sungai yang mengalir di New Delhi

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Ibu kota India New Delhi mulai mengevakuasi ratusan penduduk karena risiko banjir pada Rabu (12/7/2023).
Foto: AP
Ibu kota India New Delhi mulai mengevakuasi ratusan penduduk karena risiko banjir pada Rabu (12/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Ibu kota India New Delhi mulai mengevakuasi ratusan penduduk karena risiko banjir pada Rabu (12/7/2023). Rekor curah hujan telah meningkatkan ketinggian air di sungai yang mengalir melalui kota itu.

Orang-orang yang tinggal di rumah darurat di tepi sungai meletakkan barang-barang di atas sepeda dan traktor. Mereka pindah ke beberapa kamp dari 2.500 tempat bantuan yang didirikan di kota tersebut.

Baca Juga

Sungai Yamuna telah naik di atas "tanda bahaya" dan menenggelamkan beberapa daerah yang bersebelahan di ibu kota berpenduduk 20 juta orang itu. Ketua Menteri Arvind Kejriwal menyatakan, ketinggian air telah melonjak ke level tertinggi dalam 45 tahun.

"Tingkat air terus naik dan ada situasi seperti banjir saat ini...kemungkinan akan naik lagi," kata Kejriwal saat meminta warga yang tinggal di dekat sungai untuk meninggalkan rumahnya.

Orang-orang yang tinggal di tepi Yamuna mengarungi sepanjang jalur banjir, dengan hewan peliharaan di bahu dan panci dan wajan di tangan mereka. Mereka menaiki tangga untuk mencapai puncak jembatan saat permukaan air meluap.

Negara-negara bagian di dekat Delhi telah menerima rekor curah hujan selama musim monsun ini yang dimulai 1 Juni. Departemen Meteorologi India (IMD), Punjab dan Himachal Pradesh masing-masing mencatat curah hujan 100 persen dan 70 persen lebih banyak daripada rata-rata.

Lapor kantor berita ANI, sekitar 88 orang meninggal di Himachal Pradesh sejak hujan mulai turun pada 24 Juni. Banjir bandang di negara bagian itu selama akhir pekan merobohkan jembatan dan menghanyutkan beberapa gugusan gubuk tempat tinggal.

Menurut IMD, Delhi juga telah mencatat curah hujan 112 persen di atas rata-rata sejauh ini. Penghalang telah dipasang di daerah perumahan Civil Lines untuk mencegah air sungai yang meluap membanjiri jalan-jalan, beberapa menteri kabinet termasuk Kejriwal tinggal di area tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement