Rabu 19 Jul 2023 14:37 WIB

Tiga Bencana yang Mengguncang AS Sekaligus

Perubahan cuaca yang ekstrem mengakibatkan AS dilanda tiga bencana alam bersamaan.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Lansekap pemukiman di pesisir California yang tertutup kabut asap kebakaran
Foto:

Kualitas Udara Buruk

Asap dari kebakaran hutan di Kanada masih menyelimuti udara di seluruh Amerika Serikat. Kondisi ini menyebabkan kualitas udara yang tidak sehat pada hari Selasa (18/7/2023), di daerah-daerah yang jauh seperti Taman Nasional Yosemite di California; Conway, New Hampshire; dan - mungkin tepat sekali - Taman Nasional Pegunungan Great Smoky Mountains di Tennessee, menurut situs web AirNow.gov, yang melacak kualitas udara dan polusi.

Angin berhembus di sekitar 10 ribu hingga 15 ribu kaki di atas tanah dan pola cuaca lainnya dapat menggerakkan asap 500 mil per hari. Kondisi ini mampu menyebarkan asap secara luas ke seluruh negeri, kata Stan Benjamin, peneliti senior di Cooperative Institute for Research in Environmental Sciences dan National Oceanic and Atmospheric Administration.

"Jika Anda memiliki pola cuaca yang tepat, Anda bisa mendapatkan transportasi asap ini," kata Benjamin.

Badai Tropis dan Banjir

Pulau Besar di Pasifik, Hawaii berada di bawah peringatan badai tropis pada Selasa (18/7/2023), pagi untuk bersiap menghadapi Badai Tropis Calvin. Badai ini diperkirakan akan membawa hujan dengan intensitas 8 inci dan hembusan angin berkecepatan 40 mph, demikian ungkap Dinas Cuaca Nasional (NWS).

Hampir 5.000 mil ke arah timur laut, di Vermont, peringatan banjir diberlakukan di bagian tengah negara bagian tersebut, termasuk ibu kota, Montpelier. Kota ini telah digenangi oleh air yang tinggi setelah hujan lebat minggu lalu.

Aktivitas badai petir pada Selasa (18/7/2023) sore dapat membawa 1 hingga 2 inci lebih banyak hujan per jam ke daerah tersebut, di mana kondisi tanahnya sudah jenuh, kata NWS, sehingga meningkatkan risiko banjir bandang.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement