Jumat 21 Jul 2023 03:38 WIB

Cara Seniman Jepang 'Berdamai' dengan Teknologi AI

UU Jepang mengizinkan penggunaan berbagai macam konten untuk melatih AI.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Banyak seniman di Jepang mengkhawatirkan penyebaran AI generatif dan potensi implikasinya terhadap pelanggaran hak cipta, termasuk mereka yang khawatir pekerjaannya terancam/ilustrasi.
Foto: Unsplash
Banyak seniman di Jepang mengkhawatirkan penyebaran AI generatif dan potensi implikasinya terhadap pelanggaran hak cipta, termasuk mereka yang khawatir pekerjaannya terancam/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO — Seniman dan pencipta manga Jepang sedang mengeksplorasi penggunaan kecerdasan buatan generatif. Mereka melihat penggunaan teknologi apakah menawarkan saran untuk draf ilustrasi dan plot cerita, serta membuat proses kreatif jauh lebih efisien.

Meskipun demikian, seniman manga tetap berhati-hati tentang seberapa banyak kecerdasan buatan (AI) dapat diandalkan untuk menghasilkan karya yang cukup menawan untuk dijual ke publik. Mereka juga khawatir tentang potensi pelanggaran hak cipta AI, mengingat teknologi semacam itu biasanya dilatih menggunakan data dalam jumlah besar dari sumber internet.

Baca Juga

Selain proyek, penggunaan AI generatif diharapkan mendorong masyarakat umum, yang mungkin memiliki ide kreatif tetapi tidak memiliki keterampilan teknis menulis dan menggambar, untuk menghasilkan karya seni mereka sendiri dengan teknologi tersebut. AI generatif juga diharapkan membantu seniman profesional menjadi lebih efisien.

"Saya harap AI tidak akan mengambil dari pencipta tetapi malah akan mendorong mereka untuk memperluas bisnis mereka. Osamu Tezuka pasti menggunakan AI jika sudah ada pada saat itu, dan akan menunjukkan kepada kita karya teladan yang menunjukkan kegunaannya,” kata direktur di Tezuka Productions Co, Makoto Tezuka dilansir Japan Today, Kamis (20/7/2023).

Tezuka menjelaskan bahwa mendiang ayahnya adalah seniman manga Jepang pertama yang mempekerjakan asisten, yang membuat ilustrasi dan desain latar belakang sesuai dengan instruksinya. "Jika AI sudah ada pada saat itu, (ayah saya) mungkin bisa menghasilkan manga yang lebih berkualitas," ujar putra dari Osamu Tezuka, seorang seniman manga.

Untuk saat ini, undang-undang Jepang mengizinkan penggunaan berbagai macam konten untuk melatih AI dan mengembangkan teknologi tanpa izin dari penulis atau pembuatnya. Namun, jika tindakan tersebut secara tidak wajar merugikan kepentingan pemilik hak cipta, maka penggunaannya tidak diizinkan. Namun, undang-undang tidak menjelaskan apa yang dimaksud dengan "prasangka" dalam kasus tersebut.

Kritikus menyebut regulasi Jepang terlalu longgar dibandingkan dengan negara lain tentang AI generatif, terlepas dari bagaimana konten tersebut pada akhirnya digunakan. Survei industri menunjukkan bahwa banyak kreator di Jepang mengkhawatirkan penyebaran AI generatif dan potensi implikasinya terhadap pelanggaran hak cipta, belum lagi dampaknya bagi mereka yang khawatir pekerjaan mereka terancam bahaya.

Sebuah survei daring pada Mei menunjukkan bahwa 93,8 persen dari 27 ribu responden, termasuk ilustrator, fotografer, dan penulis, khawatir akan pelanggaran hak cipta; sementara 58,5 persen menyuarakan kekhawatiran akan kehilangan pekerjaan.

Banyak juga yang menunjukkan bahwa situs web ilegal yang menyimpan karya berhak cipta tanpa persetujuan telah digunakan oleh pengembang sebagai materi sumber untuk melatih model AI. Kritikus menyoroti perlunya merevisi ketentuan undang-undang hak cipta yang memungkinkan model AI menggunakan materi tersebut tanpa mendapatkan izin dalam tahap pengembangan.

Pekerja Seni Jepang, yang melakukan survei, menuntut agar pemerintah memperkenalkan regulasi yang lebih baik untuk AI. Asosiasi ini diikuti oleh berbagai seniman, termasuk aktor, musisi, dan seniman dekoratif. Panel penasehat untuk Badan Urusan Kebudayaan telah ditugaskan untuk mengorganisir kasus-kasus potensial yang dapat merugikan kepentingan pemilik hak cipta secara tidak wajar.

Sementara diskusi sedang berlangsung tentang sejauh mana AI generatif harus diatur, para peneliti berharap bahwa Jepang akan menemukan jalan yang tepat tanpa membelok ke arah yang terlalu membatasi. "Saya pikir Jepang sangat terbuka dalam hal hidup berdampingan dengan teknologi dibandingkan dengan negara-negara Eropa, dan Amerika Serikat," kata seorang profesor di Fakultas Sains dan Teknologi di Keio University, Satoshi Kurihara yang berspesialisasi dalam AI dan anggota proyek Black Jack.

Kepala eksekutif OpenAI yang berbasis di AS, pengembang ChatGPT, Sam Altman menekankan keunikan Jepang selama kunjungannya ke Tokyo pada Juni. Dia juga mengatakan bahwa OpenAI berencana untuk membuka kantor di Jepang.

"Menurut saya, ada sejarah panjang tentang manusia dan mesin yang bekerja sama di sini dan menemukan cara memanfaatkan teknologi otomasi untuk berbuat lebih banyak, dan itulah yang membuat saya sangat bersemangat,” ujar Altman. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement