Sabtu 22 Jul 2023 09:53 WIB

Buntut Perempuan India Diperkosa dan Diarak Telanjang, Para Wanita di Manipur Mengamuk

Wanita-wanita itu melempari batu dan membakar rumah tersangka pelaku utama.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Teguh Firmansyah
Kerusuhan di Manipur setelah kasus pelecehan seksual viral di Medso
Foto: Tangkapan Layar/Channel 4 News Youtube
Kerusuhan di Manipur setelah kasus pelecehan seksual viral di Medso

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Para wanita di negara bagian Manipur di timur laut India menyerang rumah tersangka utama dalam kasus pelecehan seksual yang telah menggemparkan negara tersebut. Demikian keterangan polisi negara bagian Manipur yang berbatasan dengan Myanmar ini pada Jumat (21/7/2023).

Sebelumnya, pelaku pelecehan seksual diduga menyeret dua wanita suku minoritas Kuki ke jalanan pada Mei. "Kelompok suku mayoritas menghasut massa untuk memperkosa dan mengarak mereka dalam keadaan telanjang," kata polisi pada Jumat.

Baca Juga

Kekerasan seksual tersebut terjadi lebih dari dua bulan yang lalu, namun menarik perhatian nasional setelah sebuah video menjadi viral di media sosial pekan ini. Video itu memicu menyebarnya kerusuhan di Manipur.

Tersangka utama, seorang warga Manipur, ditangkap pada Kamis (20/7/2023), beberapa jam setelah Perdana Menteri Narendra Modi mengutuk penyerangan tersebut. Modi menyebut serangan itu sebagai hal "memalukan" dan berjanji akan mengambil tindakan tegas.

Tiga orang lainnya juga ditangkap dan polisi sedang menelusuri setidaknya 30 orang lainnya yang terlibat dalam kejahatan ini. "Para wanita setempat melempari batu dan membakar beberapa bagian dari rumah milik tersangka utama di sebuah desa," kata Hemant Pandey, seorang pejabat polisi senior di ibukota negara bagian Imphal.

"Kami meminta para wanita untuk melakukan protes secara damai karena ada kegelisahan yang mendalam. Kami memahami kemarahan mereka," katanya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement