Sabtu 22 Jul 2023 09:53 WIB

Buntut Perempuan India Diperkosa dan Diarak Telanjang, Para Wanita di Manipur Mengamuk

Wanita-wanita itu melempari batu dan membakar rumah tersangka pelaku utama.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Teguh Firmansyah
Kerusuhan di Manipur setelah kasus pelecehan seksual viral di Medso
Foto:

Pengaduan polisi yang diajukan pada Mei menyatakan bahwa gerombolan bersenjata merusak beberapa rumah dan membakarnya hingga rata dengan tanah di sebuah desa di distrik Kangpokpi sebelum menyerang anggota suku Kuki.

Diarak telanjang

Massa, menurut pengaduan tersebut, kemudian melakukan pelecehan seksual terhadap dua wanita berusia 21 dan 19 tahun yang diarak dalam keadaan telanjang. Penyerangan tersebut dilaporkan oleh para korban pada bulan Mei ketika negara bagian tersebut menyaksikan bentrokan etnis yang intens.

Pertempuran tersebut diisi oleh perintah pengadilan agar pemerintah mempertimbangkan untuk memperluas manfaat khusus yang dinikmati oleh suku Kuki kepada penduduk mayoritas Meitei. Sedikitnya 125 orang telah terbunuh dan lebih dari 40.000 orang telah meninggalkan rumah mereka sejak kekerasan meletus.

Protes-protes telah direncanakan di beberapa bagian India oleh kelompok-kelompok hak asasi manusia yang menuntut keadilan dan investigasi yang cepat terhadap insiden terbaru untuk menimbulkan pertanyaan tentang keamanan perempuan di negara ini.

 "Kami ingin tahu mengapa polisi gagal untuk mengambil tindakan cepat ketika mereka tahu bahwa perempuan diperkosa dan diarak telanjang di Manipur,\" kata Radhika Burman, seorang mahasiswa di kota timur Kolkata yang ikut memimpin demonstrasi pada hari Kamis.

Ratusan demonstran di kota selatan Bengaluru berbaris dengan membawa spanduk bertuliskan, "Tubuh perempuan bukanlah medan perang".

Thay juga mempertanyakan kegagalan pihak berwenang untuk menyelidiki kasus yang didaftarkan oleh dua korban yang berasal dari komunitas suku minoritas pada bulan Mei.

"Ini adalah ketidakadilan dan pengabaian yang sangat besar," kata H. J. Lakshmi, dari Samakaleena Samajik Sanskritik Vedike, sebuah organisasi masyarakat sipil di Bengaluru.

Demonstrasi serupa juga diadakan di kota timur Bhubaneswar dan di beberapa kampus di seluruh negeri. Modi, yang belum membuat pernyataan publik tentang masalah di negara bagian yang diperintah oleh Partai Bharatiya Janata (BJP) yang beraliran nasionalis Hindu, berbicara sehari setelah video yang menunjukkan perempuan dilecehkan menjadi viral. 

 

Amri Amrullah

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement