Rabu 26 Jul 2023 13:59 WIB

Deretan Peralatan Militer yang Telah Dikirim ke Ukraina

AS adalah penyumbang bantuan militer terbesar ke Ukraina.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
 Tank Leopard 2A4 Spanyol yang dikirim ke Ukraina .
Foto: EPA-EFE/Javier Cebollada
Tank Leopard 2A4 Spanyol yang dikirim ke Ukraina .

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Negara anggota NATO sedang mempertimbangkan untuk mengirim lebih banyak senjata dan amunisi ke Ukraina untuk membantu mempertahankan diri dari invasi Rusia. Amerika Serikat (AS) adalah penyumbang bantuan militer terbesar diikuti oleh Uni Eropa (UE), Jerman, dan Inggris.

Jumlah bantuan militer yang diberikan ke Ukraina dilacak oleh Keil Institute, tetapi data tersebut hanya memaparkan sumbangan hingga akhir Mei.  Sejak saat itu, AS mengumumkan paket bantuan militer baru untuk Ukraina senilai hingga 500 juta dolar AS.

Baca Juga

AS juga telah mengonfirmasi akan menyediakan bom tandan bagi Ukraina. Ini adalah sebuah langkah kontroversial yang menyebabkan kegelisahan di antara beberapa sekutu NATO. Sementara itu, Ukraina juga akan menerima rudal dari Prancis, serupa dengan rudal Storm Shadows Inggris yang baru saja dikirimkan.

Berikut adalah deretan peralatan militer yang telah diterima oleh Ukraina dari negara-negara Barat, dikutip dari BBC

Tank

Puluhan tank telah dikirim oleh negara-negara Barat ke Ukraina. Ukraina mengatakan, tank itu sangat dibutuhkan untuk mempertahankan wilayahnya dan mengusir pasukan Rusia.

AS mengirimkan 31 tank Abrams, Inggris menyediakan 14 tank Challenger 2, dan Jerman menyediakan 14 tank Leopard 2. Sementara Spanyol akan mengirim enam tank Leopard 2.

Leopard 2 digunakan oleh sejumlah negara Eropa, dan dianggap lebih mudah dirawat dan lebih hemat bahan bakar daripada kebanyakan tank Barat lainnya.

Selama bulan-bulan pertama setelah invasi, NATO lebih memilih negara-negara anggota untuk memasok Ukraina dengan tank yang lebih tua, yang telah digunakan di bekas Pakta Warsawa. Karena angkatan bersenjata Ukraina mampu mengoperasikannya, dan mengetahui cara merawatnya. Selain itu, Ukraina memiliki banyak suku cadang untuk tank-tank tersebut.

Sementara tank Barat lebih modern dan rumit untuk dioperasikan, serta perawatannya lebih sulit. Setidaknya satu tank Leopard dan beberapa tank Bradley sudah digunakan oleh pasukan Ukraina untuk menggempur Rusia.

Inggris menawarkan untuk menyediakan tank tempur utamanya, Challenger 2. Tank ini dibangun pada 1990-an, tetapi secara signifikan lebih maju daripada tank lain yang tersedia untuk angkatan bersenjata Ukraina.

Ukraina menggunakan tank T-72 rancangan Pakta Warsawa sebelum invasi. Sejak Februari 2022 Ukraina telah menerima lebih dari 200 tank T-72 dari Polandia, Republik Ceko, dan sejumlah kecil negara lain.

Saat mengumumkan keputusan AS untuk mengirim 31 tank Abrams ke Ukraina, Presiden Joe Biden menggambarkan Abrams sebagai tank paling mumpuni di dunia. Dia mengatakan, AS akan mulai melatih tentara Ukraina untuk segera medata:text/mce-internal,content,Kendaraannggunakannya. Ukraina diharapkan menyelesaikan pelatihan tank Abrams pada akhir musim panas, sejalan dengan pengiriman yang diharapkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement