Rabu 26 Jul 2023 13:59 WIB

Deretan Peralatan Militer yang Telah Dikirim ke Ukraina

AS adalah penyumbang bantuan militer terbesar ke Ukraina.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
 Tank Leopard 2A4 Spanyol yang dikirim ke Ukraina .
Foto:

Senjata Anti-Tank

Ribuan senjata Nlaw, yang dirancang untuk menghancurkan tank dengan satu tembakan, juga telah dipasok ke Ukraina. Senjata tersebut dianggap sangat penting dalam menghentikan gerak maju pasukan Rusia di Kiev dalam beberapa jam dan hari setelah invasi.

Drone

Drone telah banyak digunakan dalam konflik. Drone banyak digunakan untuk pengawasan, penargetan, dan operasi pengangkatan berat. Turki telah menjual drone bersenjata Bayraktar TB2 ke Ukraina. Sementara pabrikan Turki dari sistem tersebut telah menyumbangkan drone untuk operasi penggalangan dana mendukung  Ukraina. Analis mengatakan, Bayraktar TB2 sangat efektif, dan dapat terbang di ketinggian sekitar 25.000 kaki (7.600 m) sebelum turun untuk menyerang sasaran Rusia dengan bom berpemandu laser.

Jet Tempur

AS telah berulang kali menolak permintaan Ukraina untuk jet tempur. Namun pada Mei, Presiden Joe Biden mengumumkan bahwa AS akan mendukung penyediaan jet tempur canggih, termasuk F-16 buatan AS  ke Ukraina. Washington juga mendukung pelatihan pilot Ukraina untuk menerbangkan jet tempur itu.

Langkah AS ini akan memungkinkan negara lain untuk mengekspor jet F-16, karena AS secara hukum harus menyetujui ekspor ulang peralatan yang dibeli oleh sekutu. Inggris, Belanda, Belgia, Prancis, dan Denmark menyambut baik langkah tersebut dan akan memberikan dukungan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement