Sabtu 29 Jul 2023 07:47 WIB

Dubes Israel untuk Jerman Diusir dari Kafe Milik Ekspatriat Israel

Pemilik kafe menolak label bahwa semua kritik terhadap Israel sebagai anti-Semit.

Ron Prosor.
Foto: Ian Jones
Ron Prosor.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN – Seorang ekspatriat Israel yang tinggal di Berlin, mengusir duta besar (dubes) Israel untuk Jerman dari kafe miliknya. Avi Berg, pemilik Cafe Dodo itu, menuturkan kejadian dan alasannya di media sosial miliknya, Facebook

Melalui media sosialnya itu, Berg menyatakan ia telah meminta Dubes Ron Prosor untuk meninggalkan kafenya. ‘’Anda tak diterima di kafe saya,’’ katanya seperti dilansir laman berita Middle East Monitor, Jumat (28/7/2023).

Baca Juga

Prosor dan beberapa pengawalnya, kata Berg, segera meninggalkan kafe miliknya setelah ia memintanya untuk pergi. Ia mempunyai alasan khusus hingga memutuskan tindakannya mengusir dubes dari kafenya. 

Berg memprotes definisi kontroversial International Holocaust Remembrance Alliance (IHRA) mengenai anti-Semitisme, yang didorong oleh Israel. Mereka melabeli semua kritik terhadap Israel sebagai tindakan anti-Semit. 

Ini membuat Berg merasa kebijakan itu akan mengakibatkan dirinya dan orang lain yang menyampaikan pendapat mengenai Israel bisa dianggap anti-Semit. Tindakan Berg mengusir Prosor karena ia mewakili Israel yang menempuh kebijakan tak sah dan manipulatif itu.

Dengan demikian, jelas dia, pengusiran Prosor yang terjadi pada Ahad (23/7/2023) itu bukan karena Prosor sebagai individu melainkan merupakan perwakilan resmi Israel. Ia pun menjelaskan lebih perinci alasannya itu kepada Jewish Telegraphic Agency, Rabu (26/7/2023).

Menurut dia, dirinya melakukan pengusiran tersebut karena baik dubes maupun Kedubes Israel di Jerman memberikan tekanan keras pada Bundestag atau parlemen Jerman, media, dan lembaga-lembaga di Jerman untuk membungkam kritik apapun terhadap Israel dan melabelinya sebagai anti-Semit. 

‘’Diplomasi seperti ini diterapkan di seluruh dunia tetapi secara khusus berjalan efektif di Jerman. Kebijakan ini juga merusak upaya semua pihak memerangi anti-Semitisme yang sebenarnya,’’ kata Berg menegaskan. 

Definisi anti-Semit digunakan sebagai senjata.... 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement