Senin 31 Jul 2023 15:18 WIB

Capres-Capres Lansia AS Berharap Dukungan Pemilih Muda

Pemilih muda merupakan kunci kemenangan Biden pada Pilpres 2020.

 Presiden Joe Biden menyapa tamu saat acara di Gedung Putih, Washington DC pada 19 Juli 2023.
Foto:

Terrance Woodbury, salah satu pendiri dan CEO perusahaan jajak pendapat, HIT Strategies menyampaikan soal pandangan pemilih muda.’’Ada rasa frustrasi dan kelelahan yang mereka rasakan dengan kemungkinan ‘tanding ulang’ (Biden dan Trump),’’ katanya. 

Woodbury menambahkan, masalahnya bukan sebatas bertarungnya dua kandidat itu sendiri tetapi sistem yang mestinya mampu menghasilkan kandidat yang usianya lebih muda. 

Hasil jajak pendapat April oleh Associated Press-NORC Center for Public Affairs Research menunjukkan hanya 25 persen pemilih berusia di bawah 45 persen yang memastikan akan memilih Biden dalam pemilu mendatang, dibandingkan 56 persen pemilih tua Demokrat. 

Meski demikian ditemukan pula, mayoritas pendukung Demokrat dari berbagai usia menyatakan kemungkinan akan mendukung dia sebagai capres.

Tim kampanye Biden bergantung pada Democratic National Committee (DNC). Pada pemilu sela tahun lalu, DNC ini merekrut anak-anak muda kampus di Pennsylvania, Wisconsin, Michigan, Arizona, dan negara bagian lainnya. Mereka juga melakukan pertemuan pekanan untuk mempererat kontak. 

DNC melihat pemilih muda sangat strategis pada Pilpres 2024 dan menyatakan akan ‘berinvestasi’ besar untuk memobilisasi para pemilih muda ini. Sementara, Republican National Committee (RNC) mencoba memanfaatkan isu usia ini untuk menjatuhkan Biden. 

Mereka memposting video Biden yang terlihat renta atau melakukan kesalahan verbal, seperti pada Juni lalu saat Biden menyatakan, “God save the queen,” hampir sembilan bulan setelah wafatnya Ratu Inggris, Elizabeth II. 

Namun bagi Rodriguez itu tak menggoyahkan dukungannya pada Biden.’’Orang bisa membuat apa saja untuk menyerang, membuat meme dan TitTok yang mereka inginkan,’’ katanya. Dan Biden, tampaknya memang dikelilingi anak-anak muda. 

Di antaranya, Maxwell Frost dari Florida yang tahun lalu terpilih sebagai anggota Kongres dalam usia 26 tahun. Ia masuk dalam badan penasihat kampanye Biden. Ada juga Gubernur Maryland, Wes Moore (44), dan anggota Kongres dari New York Alexandra Ocasio Cortez yang berusia 33 tahun. 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement