Selasa 01 Aug 2023 06:36 WIB

Kebun Binatang Cina Bantah Gunakan Manusia Kostum Gantikan Beruang

Bantahan ini muncul setelah foto-foto hewan yang berdiri seperti manusia viral.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya
Orang-orang memakai masker mengunjungi Kebun Binatang di Cina (ilustrasi).
Foto: EPA-EFE/Wu Hong
Orang-orang memakai masker mengunjungi Kebun Binatang di Cina (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Sebuah kebun binatang di Cina timur membantah menggunakan manusia berkostum untuk menggantikan hewan beruang. Bantahan ini muncul setelah foto-foto hewan yang berdiri seperti manusia beredar secara daring.

Kebun Binatang Hangzhou menyatakan pada Senin (31/7/2023), beruang madu dari Malaysia berukuran lebih kecil dari beruang lain dan terlihat berbeda tetapi merupakan makhluk asli. "Beberapa orang mengira saya berdiri seperti manusia. Sepertinya kamu tidak mengerti aku dengan baik," kata postingan media sosial kebun binatang yang ditulis dari sudut pandang beruang itu.

Baca Juga

Pengguna internet mempertanyakan apakah beruang di kebun binatang itu nyata atau bukan. Rumor beruang palsu ini muncul setelah beredar foto yang menunjukkan seekor beruang berdiri tegak dengan kaki belakang yang ramping.

"Karena cara mereka berdiri, beberapa orang mempertanyakan apakah mereka adalah 'manusia yang menyamar'," kata surat kabar Hangzhou Daily.

Beruang madu seukuran anjing besar, tinggi 1,3 meter dengan kaki belakangnya. Menurut keterangan kebun binatang, ukurannya memang lebih kecil dibandingkan dengan 2,8 meter bentuk beruang grizzlies dan spesies lainnya.

Kebun binatang Cina lainnya telah dituduh mencoba mengubah anjing yang diwarnai agar terlihat seperti serigala atau kucing Afrika. Warganet pun menuduh kebun binatang mewarnai keledai dengan cat agar terlihat seperti zebra. 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement