Jumat 04 Aug 2023 08:49 WIB

Ssstt.. Diam-diam Indonesia Gunakan Perangkat Lunak Mata-Mata Siber dari Israel

Perangkat ini mampu meretas ponsel bersandi dan menyalin semua informasi di dalamnya.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Indonesia telah menggunakan perangkat spyware peretasan telepon Israel. (Foto: Ilustrasi peretasan)
Foto: Piqsels
Indonesia telah menggunakan perangkat spyware peretasan telepon Israel. (Foto: Ilustrasi peretasan)

REPUBLIKA.CO.ID,  ISLAMABAD -- Pihak berwenang dan unit kepolisian Pakistan menggunakan teknologi mata-mata siber milik perusahaan Israel Cellebrite, meskipun kedua negara tidak memiliki hubungan diplomatik. Dilaporkan sebuah media di Israel, Haaretz, pihak berwenang Pakistan telah menggunakan perangkat spyware peretasan telepon Israel ini setidaknya sejak tahun 2012.

Selain ke Pakistan, Cellebrite telah menjual produknya ke beberapa negara yang dituduh melakukan pelanggaran terhadap aktivis hak asasi manusia dan kelompok minoritas. Diantaranya ke Belarus, Cina, Uganda, Venezuela, Indonesia, Rusia, Filipina, Ethiopia, dan Bangladesh.

Baca Juga

Produk unggulan Cellebrite, UFED, yang dijual kepada lembaga-lembaga penegak hukum di seluruh dunia. Perangkat ini mampu meretas ponsel yang dilindungi kata sandi dan menyalin semua informasi yang tersimpan di dalamnya, termasuk pesan teks, kontak, gambar, dan dokumen.

Laporan tersebut menemukan bahwa anak perusahaan Cellebrite yang berbasis di Asia Pasifik yang berbasis di Singapura, telah menjual produk secara langsung kepada pihak berwenang Pakistan hingga setidaknya tahun 2019, menurut catatan pengiriman internasional. Laporan tersebut menambahkan bahwa bukti dari manual operasi dan undangan untuk tender menunjukkan bahwa unit polisi dan Badan Investigasi Federal Pakistan (FIA)  sering menggunakan spyware peretasan seluler andalan Cellebrite. 

Ditemukan bahwa para pejabat FIA telah menyatakan di LinkedIn bahwa mereka telah dilatih dan disertifikasi dalam produk tersebut, dan menggunakannya secara teratur. Dalam katalog teknologi tahun 2021 yang diproduksi di negara ini, yang diterbitkan oleh Perusahaan Radio dan Telekomunikasi Nasional Pakistan, UFED Cellebrite telah terdaftar. 

Teknologi forensik digital yang diproduksi oleh BlackBag - yang diakuisisi oleh Cellebrite pada tahun 2020 - juga terdaftar. Hal ini terlepas dari fakta bahwa perjanjian lisensi pengguna akhir Cellebrite melarang penjualan ke Pakistan.

Dalam sebuah pernyataan, Cellebrite mengatakan perusahaan tidak menjual ke Pakistan, baik secara langsung maupun tidak langsung. "Cellebrite berkomitmen pada tujuannya untuk menciptakan dunia yang lebih aman dengan menyediakan solusi bagi badan-badan penegak hukum yang memungkinkan mereka untuk menyelesaikan kejahatan dengan lebih cepat," tulis keterangan resmi perusahaan.

Pakistan dan Israel tidak pernah memiliki hubungan resmi dan pemerintah Pakistan telah berulang kali mengatakan bahwa tidak akan ada pengakuan terhadap Israel, tanpa adanya resolusi terhadap situasi Palestina. Namun, kedua negara telah mempertahankan hubungan tidak resmi selama beberapa dekade.

Dalam salah satu laporan pemerintah Inggris pada tahun 2013 yang menyatakan bahwa Israel telah menjual teknologi militer kepada Pakistan, yang secara terbuka dibantah oleh kedua negara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement