Ahad 06 Aug 2023 20:33 WIB

Sebelas Tahun Buron, Mafia Italia Terlacak Setelah Rayakan Scudetto Napoli

Yang mengkhianatinya adalah kesukaannya terhadap sepak bola dan kesebelasan Napoli.

 Pendukung Napoli menampilkan spanduk, syal, dan kaus di jalan-jalan di Naples, Italia.
Foto: EPA-EFE/JEAN-CHRISTOPHE BOTT
Pendukung Napoli menampilkan spanduk, syal, dan kaus di jalan-jalan di Naples, Italia.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA – Salah satu mafia paling berbahaya Italia berhasil ditangkap. Selama 11 tahun, ia dinyatakan buron dan tak diketahui rimbanya. Namun, sebuah foto kemudian menjadi alat pelacak tempat persembunyian dirinya. Polisi pun berhasil meringkusnya. 

Vincenzo La Porta (60), sang buron, masuk dalam daftar 100 buronan paling berbahaya di Italia. Pengadilan Italia dalam persidangan in absentia telah menjatuhkan hukuman 14 tahun dan 4 bulan. Ia dianggap bagian dari Camorra, sindikat kejahatan di Naples, Italia.

Baca Juga

Tuduhan lainnya, ia mengemplang pajak dan melakukan kecurangan dalam bidang keuangan. Polisi Itali mengungkapkan, La Porta terlibat dalam aktivitas pencucian uang untuk Camorra. ‘’Kami tak pernah menyerah dalam melacak keberadaannya,’’ kata polisi Italia. 

Selama bertahun-tahun, polisi melacak aktivitas daring La Porta, termasuk transaksi keuangannya dan menunggu dia salah langkah yang bisa menunjukkan tempat  keberadaannya. Seperti yang diharapkan, La Porta salah langkah. Tak ada yang mengkhianatinya. 

 ‘’Yang mengkhianatinya adalah kesukaannya terhadap sepak bola dan kesebelasan Napoli. Tim kesayangannya itu memenangkan liga dan La Porta tak bisa menahan diri untuk merayakannya,’’ ujar polisi Carabinieri Naples, seperti dilansir laman BBC, Ahad (6/8/2023).

Pada Mei 2023, Napoli menjadi scudetto Serie A Italia untuk pertama kalinya dalam kurun 33 tahun terakhir, setelah mereka bermain imbang dengan Udinese. Pihak berwenang melihat sosok La Porta dalam foto perayaan fans Napoli di luar sebuah restoran di Corfu, Yunani. 

Sumber lain menyebutkan perayaan dilakukan di balkon restoran tersebut. La Porta terlihat mengenakan topi bisbol, mengibarkan syal biru langit dan putih, warna khas tim kota kelahirannya itu. 

Para penyidik mahfum....

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement