Kamis 10 Aug 2023 08:26 WIB

Ditutup 7 Tahun, Saudi Akhirnya Buka Lagi Kedutaan Besarnya di Iran

Kedutaan Arab Saudi di Republik Islam Iran telah secara resmi memulai kegiatannya

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Arab Saudi dilaporkan telah resmi mengoperasikan kembali kedutaan besarnya di Teheran, Iran.
Foto: Eurosport
Arab Saudi dilaporkan telah resmi mengoperasikan kembali kedutaan besarnya di Teheran, Iran.

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Arab Saudi dilaporkan telah resmi mengoperasikan kembali kedutaan besarnya di Teheran, Iran. Saudi menutup kedutaannya di Iran selama tujuh tahun menyusul putusnya hubungan kedua negara. Namun pada Maret lalu, Teheran dan Riyadh menyepakati perjanjian rekonsiliasi.

"Kedutaan Arab Saudi di Republik Islam Iran telah secara resmi memulai kegiatannya,” kata kantor berita Iran, Islamic Republic News Agency (IRNA), dalam laporannya mengutip seorang sumber di Kementerian Luar Negeri Iran, Rabu (9/8/2023).

Baca Juga

Menurut IRNA, Kedutaan Saudi di Teheran sudah beroperasi sejak Ahad (6/8/2023) lalu. Belum ada konfirmasi resmi dari Saudi terkait dimulainya kembali aktivitas kedutaan besar negara tersebut di Teheran.

Pada 6 Juni 2023, Iran akhirnya resmi membuka kembali kedutaan besarnya di Arab Saudi. Kantor misi diplomatik Iran di Saudi telah ditutup selama tujuh tahun menyusul perselisihan antara kedua negara. Untuk menandai peresmian, sebuah upacara digelar di area kompleks Kedutaan Besar (Kedubes) Iran di Riyadh. Puluhan pejabat dan diplomat berpartisipasi dalam acara tersebut, termasuk Wakil Menteri Luar Negeri Iran Alireza Begdali dan perwakilan Iran di Jeddah, Hassan Zarnagar.

Pada Maret 2023 lalu, Iran dan Arab Saudi berhasil mencapai kesepakatan rekonsiliasi. Cina berperan besar dalam memediasi kedua negara. Kesepakatan rekonsiliasi Iran-Saudi diberi nama Beijing Agreement. Hal itu karena proses pembicaraan berlangsung di Beijing.

Pulihnya hubungan Iran dengan Saudi dipandang positif dan dinilai akan membantu penyelesaian beberapa masalah di kawasan, terutama konflik Yaman. Dalam konflik Yaman, Saudi diketahui mendukung pasukan pemerintah. Sementara Iran menyokong kelompok pemberontak Houthi. Sejak rekonsiliasi tercapai, Riyadh dan Teheran berkomitmen untuk bekerja sama guna mengakhiri konflik Yaman yang telah berlangsung sejak 2014.

Saudi memutuskan hubungan diplomatiknya dengan Iran pada 2016. Langkah itu diambil setelah Kedutaan Besar Arab Saudi di Teheran digeruduk dan dibakar massa pengunjuk rasa. Penggerudukan itu terjadi saat warga Iran berdemonstrasi memprotes keputusan Saudi mengeksekusi mati ulama Syiah bernama Nimr al-Nimr.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement