Sabtu 12 Aug 2023 10:33 WIB

Tujuh Orang Tewas Dalam Insiden Masjid Ambruk di Nigeria

Pemerintah mengatakan masjid yang ambruk itu dibangun pada tahun 1830-an.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nidia Zuraya
Muslim Nigeria (ilustrasi). Pihak berwenang di Negara Bagian Kaduna, Nigeria mengatakan sebagian bangunan sebuah masjid ambruk saat jamaah di dalamnya sedang melaksanakan sholat Jumat.
Foto: The Nation
Muslim Nigeria (ilustrasi). Pihak berwenang di Negara Bagian Kaduna, Nigeria mengatakan sebagian bangunan sebuah masjid ambruk saat jamaah di dalamnya sedang melaksanakan sholat Jumat.

REPUBLIKA.CO.ID, ABUJA -- Pihak berwenang di Negara Bagian Kaduna, Nigeria mengatakan sebagian bangunan sebuah masjid ambruk saat jamaah di dalamnya sedang melaksanakan sholat Jumat. Tujuh orang meninggal dunia dalam insiden ini. Masjid Zaria Tengah terletak di Zaria, salah satu kota terbesar di barat laut Nigeria.

"Dua puluh tiga orang terdampak dan dievakuasi ke rumah sakit oleh lima petugas pemadam kebakaran," kata Badan Penanggulangan Bencana Kaduna, Jumat (12/8/2023).

Baca Juga

Pemerintah negara bagian mengatakan masjid itu dibangun pada tahun 1830-an. Video yang tampaknya direkam di lokasi kejadian menunjukkan bukaan besar di atap yang ambruk.

Para korban jiwa tertimpa bangunan saat sedang sholat di dalam masjid. Gubernur Kaduna Uba Sani memerintahkan penyelidikan atas bencana ini dan berjanji membantu yang terdampak "insiden yang menyakitkan hati.

Kantornya mengatakan sebuah tim sudah diterjunkan ke Zaria. Sejak tahun lalu semakin sering insiden masjid ambruk di negara-negara Afrika Barat. Pihak berwenang sering menyalahkan kegagalan pemerintah dalam menegakan regulasi keselamatan bangunan dan buruknya pemeliharaan.

Berikut sejumlah insiden masjid ambruk di negara-negara Afrika Barat dalam beberapa bulan terakhir. Pada Januari 2023 sebuah masjid di kota Talata Mafara, Nigeria, ambruk. Peristiwa  menewaskan sedikitnya 25 orang dan melukai puluhan lainnya. Penyebab runtuhnya masjid tidak diketahui, tetapi diyakini bahwa masjid itu dibangun dengan buruk.

Pada Maret 2023 masjid di kota Kintampo, Ghana, ambruk menewaskan sedikitnya 16 orang dan melukai puluhan lainnya. Penyebab runtuhnya masjid tidak diketahui, tetapi diyakini bahwa masjid itu terlalu penuh sesak. 

Pada April 2023 sebuah masjid di kota N'Djamena, Chad, runtuh. Insiden ini menewaskan sedikitnya 10 orang dan melukai puluhan lainnya. Penyebab runtuhnya masjid juga tidak diketahui, tetapi diyakini bahwa masjid itu dibangun di atas tanah yang tidak stabil.

Pada Mei 2023 sebuah masjid di kota Nouakchott, Mauritania, ambruk. Menewaskan sedikitnya 5 orang dan melukai puluhan lainnya. Penyebab runtuhnya masjid tidak diketahui, tetapi diyakini bahwa masjid itu tidak dipelihara dengan baik. 

Sebelum di Nigeria pada Juni 2023 sebuah masjid runtuh di kota Banjul, Gambia, menewaskan sedikitnya 3 orang dan melukai puluhan lainnya. Penyebab runtuhnya masjid juga tidak diketahui, tetapi diyakini bahwa masjid itu dibangun tanpa izin yang sah. 

sumber : AP

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement