Ahad 13 Aug 2023 13:51 WIB

AS Siapkan Pencegat Rudal Hipersonik Rusia 

Juni lalu, Israel menyatakan sedang mengembangkan penangkal rudal hipersonik Iran. 

 Foto selTentara Rusia berdiri di samping peluncur rudal balistik antarbenua Yars selama latihan komando di wilayah Novosibirsk, Rusia,  Rabu (29/3/2023).
Foto: EPA-EFE/RUSSIAN DEFENCE MINISTRY PRESS
Foto selTentara Rusia berdiri di samping peluncur rudal balistik antarbenua Yars selama latihan komando di wilayah Novosibirsk, Rusia, Rabu (29/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO – Jepang dan AS pekan ini bersepakat untuk bersama-sama mengembangkan pencegat rudal hulu ledak rudal hipersonik yang dikembangkan Rusia, Cina, dan Korea Utara (Korut). Surat kabar Jepang, Yomiuri melaporkan hal tersebut, Ahad (13/8/2023). 

Tak seperti hulu ledak rudal balistik yang bisa diprediksi arah terbangnya, seperti melayang di udara kemudian mengarah ke target, rudal hipersonik dapat mengubah arahnya. Membuat rudal ini lebih sulit dilumpuhkan. 

Baca Juga

Rusia memiliki rudal hipersonik dengan nama Kinzhal. Pada 2018, President Vladimir Putin, mengungkapkan, Kinzhal merupakan generasi baru senjata milik Rusia. Ia kerap menyatakan, ini bukti Rusia mampu mengembangkan perangkat militer lebih baik, mengalahkan NATO. 

Kinzhal, yang berarti pisau belati, mampu membawa hulu ledak konvensional maupun nuklir dengan jarak hingga 2.000 km. Rusia menggunakannya pertama kali dalam perang di Ukraina. Mereka mengakui hanya menggunakannya sesekali. 

Dengan keterangan berita Yomiuri  Rusia bisa saja sedang mengembangkan rudal hipersonik lain dengan versi lebih baru. Kesepakatan antara Jepang-AS muncul saat pertemuan Perdana Menteri Fumio Kishida dan Presiden Joe Biden, Jumat (11/8/2023). 

Pejabat di Kementerian Luar Negeri Jepang tak bisa dikontak untuk diminta respons atas berita ini. ‘’Biden dan Kishida bertemu di sela pertemuan tiga negara yang juga melibatkan Presiden Korsel Yoon Suk Yeol, di Camp David, Maryland, AS,’’ demikian laporan Yomiuri. 

Pada Januari lalu, AS dan Jepang mempertimbangkan untuk mengembangkan pencegat rudal hipersonik ketika Menlu AS Antony Blinken dan Menhan Lloyd Austin bertemu Menlu Jepang Yoshimasa Hayashi dan Menhan Yasukazu Hamada.

Kesepakatan tersebut merupakan yang kedua dalam pengembangan teknologi rudal pertahanan. Washington dan Tokyo mengembangkan rudal berjangkauan lebih jauh yang bisa menghantam hulu ledak di angkasa. 

Jepang juga mengerahkan kapal perang di laut yang berada di antara perairan Jepang dan Semenanjung Korea, untuk mencegat serangan rudal Korut.  

Juni lalu, Israel menyatakan sedang mengembangkan penangkal rudal hipersonik dengan nama SkySonic. Pengumuman ini tak lama berselang setelah Iran menyatakan mampu memproduksi rudal hipersonik sendiri dan diklaim mustahil ditangkal sistem pertahanan udara manapun. 

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement