Sabtu 19 Aug 2023 19:54 WIB

Lima Angkatan Laut Terkuat di Dunia, Indonesia Salah Satunya

Tiga dari lima angkatan laut teratas adalah negara Asia.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nidia Zuraya
Kapal Angkatan Laut AS dan Jepang latihan bersama di Okinawa, Jepang, 4 Desember 2010. ilustrasi
Foto: EPA/EVERETT KENNEDY BROWN
Kapal Angkatan Laut AS dan Jepang latihan bersama di Okinawa, Jepang, 4 Desember 2010. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, World Directory of Modern Military Warships (WDMMW) menyusun daftar angkatan laut terkuat di dunia. Indonesia berada di urutan ke-4. Tiga dari lima angkatan laut teratas adalah negara Asia.

Angkatan Laut Amerika Serikat menduduki peringkat pertama, diikuti olh Angkatan Laut Cina, Angkatan Laut Rusia, Angkatan Laut Indonesia dan Angkatan Laut Korea Selatan menduduki peringkat kelima, dan Angkatan Laut Jepang menduduki peringkat keenam.

Baca Juga

WDMMW juga membahas faktor-faktor yang berkontribusi pada kekuatan angkatan laut, seperti jumlah kapal, ukuran kapal, kecanggihan senjata dan sensor kapal, serta pelatihan dan pengalaman para pelaut.

WDMMW menyimpulkan berkembangnya kekuatan angkatan laut Asia mencerminkan semakin pentingnya ekonomi dan politik di kawasan ini. WDMMW juga mencatat persaingan angkatan laut yang berkembang di Asia dapat menyebabkan konflik di masa depan.

Berikut lima negara dengan angkatan laut terkuat di dunia veris WDMMW.

1. Amerika Serkat (AS)

Angkatan Laut AS dianggap angkatan laut paling kuat yang pernah dikenal dunia. WDMMW memberikan True Value Rating  sebesar 323,9, skor tertinggi.

"(Angkatan laut AS) memiliki perpaduan  jenis kapal perang dan kapal selam yang banyak serta keseimbangan yang diperkuat jumlah keseluruhan [kuantitas] yang unggul dengan armada kapal induk yang dibanggakan," kata WDMMW seperti dikutip South Morning China Post, Sabtu (19/8/2023).

WDMMA mengatakan sampai November 2022, Angkatan Laut AS memiliki total 243 unit aktif pada November 2022. Terdiri dari 11 kapal induk, 68 kapal selam, 22 kapal penjelajah, 70 kapal perusak, 21 korvet, delapan kapal perang ranjau/antiranjau, 10 kapal patroli lepas pantai, dan 33 kapal serbu amfibi. Tidak ada kapal fregat.

WDMMW mengatakan AS memiliki keseimbangan yang "baik" dalam jenis-jenis asetnya, dan usia rata-rata lambung kapal adalah 23,3 tahun. WDMMW juga mencatat bahwa AS memiliki lebih banyak unit yang sedang dipesan, yaitu 67 unit. Hal ini menandakan AS AS "berusaha mengimbangi saingan globalnya, Cina".

2. Cina

Kekuatan Angkatan Laut Cina yang sedang naik daun. Negeri Tirai Bambu memiliki armada terbesar dalam peringkat WDMMW, dengan 425 unit aktif per Agustus 2023. Armada itu terdiri dari tiga kapal induk, 72 kapal selam, 48 kapal perusak, 71 korvet, 44 fregat, 49 kapal ranjau/anti-ranjau, 127 kapal patroli lepas pantai, dan 11 kapal serbu amfibiu.

Kapal-kapalnya memiliki usia rata-rata lambung kapal yang jauh lebih muda daripada AS, yaitu 13,8 tahun, tapi jumlah aset yang sedang dipesan lebih sedikit, yaitu 14.

WDMMW mengatakan angkatan laut Cina memiliki keseimbangan aset yang "baik". WDMMW memberi True Value Rating sebesar 318,9.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement