Sabtu 19 Aug 2023 04:45 WIB

Tiga Senjata Canggih Israel yang Sudah Diakui Dunia

Israel memiliki sejumlah senjata mematikan, efisien dan efektif.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nidia Zuraya
Peluncuran Sistem Anti-Rudal Israel (ilustrasi).
Foto: csmonitor
Peluncuran Sistem Anti-Rudal Israel (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Israel terus mengembangkan senjata-senjata berat dan teknologi pertahanan hingga level tertinggi. Negara itu yang bersaing memperebutkan dominasi di kawasan dengan Iran itu memiliki sejumlah senjata mematikan, efisien dan efektif yang telah diakui dunia.

Berikut tiga senjata Israel yang sudah diakui dunia:

Baca Juga

1. Rudal Spike NLOS (Non-Line-of-Sight)

Sistem rudal presisi jarak jauh Israel ini dikembangkan BUMN Rafael Advanced Defense Systems. Spike NLOS dirancang untuk mengenai target seperti tank, bunker, dan kapal yang berada di luar garis pandang.

Spike NLOS merupakan rudal fire-and-forget, artinya operator tidak perlu melihat target setelah diluncurkan. Rudal ini juga merupakan rudal serangan atas, artinya terbang di atas target dan kemudian menyerangnya dari atas, membuatnya sangat efektif pada target yang dilindungi armor atau pertahanan depan-belakang dan samping lainnya.

Spike NLOS memiliki jangkauan hingga 30 kilometer dan dapat diluncurkan dari berbagai platform, termasuk kendaraan darat, helikopter, dan pesawat. Dilengkapi dengan berbagai hulu ledak, termasuk hulu ledak tinggi, HEAT (High-Explosive Anti-Tank), dan hulu ledak thermobaric.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) dan militer lainnya di seluruh dunia sudah menggunakan Spike NLOS dalam pertempuran. Rudal ini mampu menghancurkan berbagai target, termasuk tank, bunker, dan kapal.

Spike NLOS merupakan aset berharga bagi militer yang perlu bisa menyerang target di luar garis pandang dengan presisi dan tanpa membahayakan pilot.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement