Senin 21 Aug 2023 09:10 WIB

Bencana Bertubi, Gempa Guncang California Selatan Saat Badai Hilary Menghantam

Tidak ada laporan langsung mengenai kerusakan atau cedera akibat gempa tersebut.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Warga California menyiapkan kantong pasir untuk mengantisipasi banjir akibat badai Hilary
Foto: AP
Warga California menyiapkan kantong pasir untuk mengantisipasi banjir akibat badai Hilary

REPUBLIKA.CO.ID, PASADENA -- Bencana melanda wilayah barat AS secara bertubi-tubi, setelah kebakaran hutan dan badai. Kini gempa bumi berkekuatan 5,1 skala Richter (SR) menghantam California Selatan di sebelah utara Los Angeles pada Ahad (20/8/2023). Goncangan gempa ini mengguncang sebagian besar wilayah tersebut saat penduduk setempat juga bersiap-siap untuk menghadapi datangnya Badai Tropis Hilary.

Tidak ada laporan langsung mengenai kerusakan atau cedera akibat gempa tersebut, yang terjadi pada pukul 14:41 waktu setempat, sekitar 7 km (4,35 mil) tenggara dari komunitas Ojai, California Selatan, di Ventura County. Gempa ini diikuti oleh beberapa gempa susulan yang lebih kecil.

Baca Juga

"Tidak ada laporan langsung mengenai kerusakan pada saat ini, namun gempa tersebut dirasakan secara luas di seluruh Ventura County," demikian pernyataan di situs web informasi insiden Ventura County.

Sistem Peringatan Tsunami AS mengatakan bahwa tidak ada ancaman tsunami dari gempa tersebut. Namun, hujan turun di seluruh California Selatan pada hari Ahad, ketika Badai Tropis Hilary bergerak menuju negara bagian tersebut setelah menghantam semenanjung Baja California pada hari sebelumnya. 

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement