Selasa 22 Aug 2023 12:53 WIB

Ini Spesifikasi F-15 Eagle yang Dibeli Indonesia

F-15 Eagle diklaim sangat mudah bermanuver

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyaksikan proses penandatangan yang dilakukan Kepala Baranahan Kemenhan Marsda Yusuf Jauhari bersama perwakilan Boeing.
Foto: @prabowo
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyaksikan proses penandatangan yang dilakukan Kepala Baranahan Kemenhan Marsda Yusuf Jauhari bersama perwakilan Boeing.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Indonesia akan memiliki pesawat tipe F-15 Eagle untuk pertama kali. Kementerian Pertahanan Indonesia meneken kontrak pembelian 24 unit F-15 Eagle buatan pabrikan Boeing, Amerika Serikat (AS).

Pesawat jet buatan Boeing merupakan armada tempur taktis segala cuaca. Pesawat ini diklaim sangat mudah bermanuver, sehingga dapat mempertahankan kekuatan udara di medan perang.

Baca Juga

Dikutip dari web Air Force, superioritas udara Eagle dicapai melalui perpaduan antara kemampuan manuver dan akselerasi, jangkauan, senjata, dan avionik yang belum pernah ada sebelumnya. Fitur tersebut dapat menembus pertahanan, mengungguli, serta mengalahkan pesawat musuh saat ini.

F-15E adalah pesawat tempur dua kursi, peran ganda, yang benar-benar terintegrasi untuk semua cuaca. Untuk ketinggian rendah, penetrasi kecepatan tinggi dan serangan presisi pada target taktis di malam hari atau dalam cuaca buruk. F-15E membawa radar APG-70 beresolusi tinggi dan navigasi ketinggian rendah dan penargetan inframerah untuk pod malam.

Sedangkan bagian kokpit belakang ditingkatkan untuk menyertakan empat layar CRT serbaguna untuk sistem pesawat dan manajemen senjata. Sistem pengaturan penerbangan Lear Siegler digital, triple-redundant memungkinkan medan mengikuti medan otomatis. Fitur itu ditingkatkan dengan sistem navigasi inersia gyro ring-laser.

Selain itu, F-15 memiliki sistem elektronik dan persenjataan untuk mendeteksi, memperoleh, melacak, dan menyerang pesawat musuh saat beroperasi di wilayah udara yang bersahabat atau yang dikendalikan musuh. Senjata dan sistem pengawasan penerbangan dirancang agar satu orang dapat melakukan pertempuran udara-ke-udara dengan aman dan efektif.

Kemampuan manuver dan akselerasi F-15 yang superior dicapai melalui rasio mesin thrust-to-weight yang tinggi dan pemuatan sayap yang rendah. Kombinasi keunggulan ini memungkinkan pesawat berbelok dengan kencang tanpa kehilangan kecepatan udara.

Sistem avionik multi-misi membedakan F-15 dari pesawat tempur lainnya. Ini termasuk tampilan head-up, radar canggih, sistem navigasi inersia, instrumen penerbangan, komunikasi frekuensi ultrahigh, sistem navigasi taktis, dan sistem pendaratan instrumen. Jet ini juga memiliki sistem perang elektronik taktis yang dipasang secara internal, sistem "identifikasi teman atau musuh", perangkat penanggulangan elektronik, serta komputer digital pusat.

Sedangkan sistem radar pulse-Doppler serbaguna F-15 dapat melihat ke atas pada target yang terbang tinggi dan ke bawah pada target yang terbang rendah. Fitur ini tidak akan membuat pengemudi kebingungan dengan kekacauan di darat.

Pesawat ini juga dapat mendeteksi dan melacak pesawat dan target kecil berkecepatan tinggi pada jarak di luar jangkauan visual hingga jarak dekat, dan pada ketinggian hingga ke tingkat puncak pohon. Radar memasukkan informasi target ke komputer pusat untuk pengiriman senjata yang efektif.

Untuk pertempuran udara jarak dekat, radar secara otomatis mengenali pesawat musuh dengan informasi ini diproyeksikan pada tampilan head-up. Sistem peperangan elektronik F-15 memberikan peringatan ancaman dan penanggulangan otomatis terhadap ancaman tertentu.

Berbagai persenjataan udara-ke-udara pun dapat dibawa oleh F-15. Sistem senjata otomatis memungkinkan pilot untuk melakukan pertempuran udara dengan aman dan efektif.

Pesawat ini menggunakan tampilan head-up dan kontrol avionik dan senjata yang terletak di throttle mesin atau tongkat kendali. Saat pilot berpindah dari satu sistem senjata ke sistem senjata lainnya, panduan visual untuk senjata yang diperlukan secara otomatis muncul di tampilan kepala.

Eagle dapat dipersenjatai dengan kombinasi senjata udara-ke-udara yang berbeda. Jet ini bisa menggunakan rudal udara-ke-udara jarak menengah AIM-120 canggih di sudut bawah badan pesawat, AIM-9L/M Sidewinder atau rudal AIM-120 pada dua tiang di bawah sayap, dan senjata Gatling 20mm internal di akar sayap kanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement