Rabu 23 Aug 2023 18:39 WIB

Jembatan Kereta Api yang Sedang Dibangun di India Ambrol, 17 Pekerja Tewas

Media lokal melaporkan ada sekitar 40 pekerja di lokasi proyek ketika jembatan ambrol

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nidia Zuraya
Kereta api India (ilustrasi).
Foto: AP Photo
Kereta api India (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI – Sebuah jembatan kereta api yang sedang dibangun melintasi jurang di Negara Bagian Mizoram, India, ambrol. Sedikitnya 17 orang yang sedang bekerja dalam proyek tewas akibat insiden tersebut.

Rekaman video yang diunggah Kepala Menteri Mizoram Zoramthanga pada Rabu (23/8/2023) menunjukkan kerangka logam merobohkan tiang-tiang yang menjulang ke lembah berhutan di bawahnya. “Sedang dibangun kereta api di atas jembatan di Sairang, dekat Aizawl runtuh hari ini; setidaknya 17 pekerja meninggal,” kata Zoramthanga lewat akun X (Twitter)-nya, dikutip Aljazirah.

Baca Juga

Sairang adalah sebuah kota yang terletak sekitar 20 kilometer dari Aizawl, ibu kota Mizoram. Wilayah tersebut berbatasan dengan Myanmar. Zoramthanga mengaku terguncang dan berduka atas insiden itu. Dia menyebut banyak orang datang ke lokasi kejadian untuk membantu proses penyelamatan dan pencarian para korban.

Media-media lokal melaporkan terdapat sekitar 35 hingga 40 pekerja di lokasi proyek ketika jembatan kereta api yang sedang dibangun ambrol. Surat kabar Indian Express, mengutip keterangan seorang polisi, mengungkapkan, sebanyak 17 jenazah telah ditemukan. Namun banyak di antara pekerja yang masih dinyatakan hilang. Laporan orang hilang belum bisa langsung diverifikasi.

Perdana Menteri India Narendra Modi turut merespons kejadian ambrolnya jembatan kereta api di Sairang. Dia menyampaikan belasungkawa kepada para korban. "Operasi penyelamatan sedang berlangsung dan semua bantuan yang mungkin diberikan kepada mereka yang terkena dampak," kata kantor Narendra Modi dalam sebuah pernyataan.

Saat ini Modi diketahui sedang berada di Johannesburg, Afrika Selatan, untuk menghadiri KTT BRICS ke-15. Runtuhnya jembatan dan kecelakaan mematikan lainnya di lokasi konstruksi infrastruktur besar sering terjadi di India. Pada Oktober tahun lalu, sebuah jembatan gantung era kolonial runtuh di Morbi di Negara Bagian Gujarat. Sebanyak 135 orang tewas dalam insiden tersebut.

Pada Juni lalu, sebuah jembatan gantung yang sedang dibangun di negara bagian termiskin di India, yakni Bihar, runtuh. Kejadian itu hanya menyebabkan satu orang tewas. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement