Jumat 25 Aug 2023 11:54 WIB

Foto Mugshot Donald Trump akan Dikenang dalam Sejarah Politik AS

Mugshot adalah foto yang diambil oleh kepolisian untuk tersangka kriminal.

Foto Mugshot Donald Trump. Mugshot adalah foto yang diambil oleh kepolisian untuk tersangka kriminal.
Foto: AP
Foto Mugshot Donald Trump. Mugshot adalah foto yang diambil oleh kepolisian untuk tersangka kriminal.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Donald Trump mengunggah foto mugshot dirinya di akun resmi platform X yang sebelumnya  dikenal sebagai Twitter. Ini adalah pertama kalinya mantan presiden Amerika Serikat (AS) itu membuat unggahan di platform X sejak 2021.

 

Baca Juga

Mugshot adalah foto yang diambil oleh kepolisian untuk tersangka kriminal. Trump telah menyerahkan diri kepada pihak berwenang di negara bagian Georgia. Dia menghadapi tuntutan pidana terkait upaya untuk membatalkan pemilu pada 2020.

 

Pemimpin Partai Republik itu terbang dari kediamannya di Bedminster, New Jersey, untuk hadir di penjara Fulton County pada Kamis (24/8/2023) sore, kurang dari sehari sebelum batas waktu penyerahannya. Begitu masuk, dia langsung mendapat kartu kuning. Dia juga harus melewati proses pengambilan foto mugshot. Ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah kepresidenan AS, seorang mantan presiden memiliki foto mugshot.

 

Proses pengambilan foto dan berbagai administrasi lainnya memakan waktu kurang lebih 20 menit. Setelah itu, Trump dengan cepat menghilang ke dalam iring-iringan mobil yang menunggu di luar penjara. Dia dibebaskan dengan perjanjian jaminan sebesar 200 ribu dolar AS, yang menjadi jumlah tertinggi dari semua terdakwa lainnya.

 

Saat meninggalkan bandara di Atlanta, Georgia, Trump mengeluarkan pernyataan singkat kepada wartawan. Dia menyangkal melakukan kesalahan dan menegaskan kembali bahwa ia memiliki hak untuk menantang kekalahannya dalam Pemilu 2020.

 

“Kami mempunyai hak, setiap hak  untuk menantang pemilu yang kami anggap tidak jujur,” kata Trump, dilaporkan Aljazirah.

 

Trump adalah seorang mantan presiden Amerika Serikat pertama dalam sejarah yang ditangkap. Dia ditangkap dan menjalani proses pengambilan foto mugshot yang kerap diasosiasikan dengan pengedar narkoba atau pengemudi mabuk.

 

“Ini akan selamanya menjadi bagian dari ikonografi kehidupan saat ini,” kata Marty Kaplan, seorang profesor di Fakultas Komunikasi Universitas Southern California Annenberg.

 

Dalam foto tersebut, Trump menghadapkan kamera di depan latar belakang abu-abu, matanya menatap lensa dengan tatapan tajam. Dia mengenakan jas biru, kemeja putih dan dasi merah. Dia berpose dengan bahu tegak, dan kepala sedikit miring ke arah kamera. Logo sheriff telah ditambahkan secara digital di atas bahu kanannya.

 

Beberapa dari 18 orang lainnya yang didakwa bersama Trump di Georgia tersenyum di foto mugshot mereka, seolah-olah mereka sedang berpose untuk buku tahunan. Namun, foto mugshot Trump terlihat jelas, seolah-olah dia sedang menatap musuh melalui lensa.

 

Trump mendapatkan nomor narapidana  P01135809. Mugshot adalah representasi mendalam dari sistem peradilan pidana. Ini adalah simbol hilangnya kebebasan. Mugshot secara permanen mengenang salah satu hari terburuk dalam hidup seseorang, momen ini tidak dimaksudkan untuk dijadikan lembar memo. Hal ini pasti sangat asing bagi seseorang yang terlahir dengan hak istimewa, yang terkenal suka memegang kendali, sangat memperhatikan citra dirinya, dan menjadi sosok paling berkuasa di dunia.

 

"Dakwaan adalah semacam kata yang tidak berdarah. Dan kata-kata tidak ada artinya jika dibandingkan dengan gambar,” kata Kaplan, mantan penulis pidato untuk Wakil Presiden Walter Mondale dan penulis skenario Hollywood.  

 

Mugshot adalah sebuah genre. Bingkainya adalah, 'Ini adalah seekor rusa yang tertangkap lampu depan. Inilah penjahat yang sedang dipaku.'  Ini adalah momen perjalanan yang memalukan," ujar Kaplan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement