Sabtu 26 Aug 2023 13:32 WIB

Kebakaran Hutan di Yunani, 79 Orang Ditangkap Karena Melakukan Pembakaran

Kebakaran hutan pada musim panas sering terjadi di Yunani.

Yunani sering dilanda kebakaran hutan selama bulan-bulan musim panas.
Foto: AP
Yunani sering dilanda kebakaran hutan selama bulan-bulan musim panas.

REPUBLIKA.CO.ID, ATHENA -- Menteri Perlindungan Sipil Yunani, Vassilis Kikilias mengatakan bahwa telah terjadi beberapa kali percobaan pembakaran oleh para pembakar untuk menyalakan api baru di Gunung Parnitha, sebelah barat laut Athena.

Namun pihak berwenang Yunani melalui kepolisian telah menangkap 79 pelaku  pembakaran area lahan dan hutan yang memicu kebakaran besar di negara tersebut.

Baca Juga

Kebakaran ini merupakan salah satu dari ratusan kebakaran yang terjadi di negara tersebut, di mana kebakaran hutan telah menewaskan sedikitnya 20 orang minggu ini. "Anda melakukan kejahatan terhadap negara," kata Kikilias merujuk kepada pelaku pembakaran.

"Para pembakar sampah membakar hutan yang mengancam hutan, properti, dan yang paling penting, nyawa manusia," kata Kikilias kepada warga Yunani dalam sebuah pengarahan darurat yang disiarkan di televisi pada hari Kamis.

"Anda tidak akan lolos begitu saja, kami akan menemukan Anda, Anda akan dimintai pertanggungjawaban," ujarnya.

Kebakaran hutan pada musim panas sering terjadi di Yunani dan para ilmuwan telah mengaitkan peningkatan frekuensi dan intensitas kejadian cuaca ekstrem, termasuk gelombang panas, dengan perubahan iklim.

Stefan Doerr, yang memimpin Pusat Penelitian Kebakaran Hutan di Universitas Swansea, mengatakan bahwa area lanskap yang lebih mudah terbakar, karena cuaca panas atau pengelolaan vegetasi yang buruk. Ini membuat  insiden membakar area kecil akan dapat lebih mudah berubah menjadi kebakaran hutan yang bergerak cepat.

Polisi dan badan intelijen Yunani EYP sedang menyelidiki insiden tersebut, demikian dilaporkan AFP. 

Juru bicara pemerintah Pavlos Marinakis mengatakan kepada lembaga penyiaran publik Yunani, ERT, bahwa dari 140 penangkapan pelaku terkait kebakaran hutan, 79 di antaranya terbukti melakukan upaya pembakaran.

Ratusan petugas pemadam kebakaran di seluruh Yunani telah berjuang melawan kebakaran hutan yang mematikan. Kebakaran besar yang terjadi pada hari Sabtu di dekat kota pelabuhan Alexandroupolis telah menjadi yang terbesar di Uni Eropa, menurut komisaris Eropa Janez Lenarcic.

Sementara itu, di Gunung Parnitha dekat Athena, api berkobar di sebuah hutan yang berbatasan dengan ibukota, mengancam sebuah taman nasional. Awal pekan ini, mayat 19 orang yang diyakini sebagai imigran, termasuk anak-anak, ditemukan di dekat wilayah Evros di timur laut Yunani.

Seorang penggembala juga kehilangan nyawanya dalam kebakaran di wilayah Boeotia pada hari Senin lalu. Kikilias mengatakan pada hari Rabu bahwa negara ini mengalami musim panas terburuk sejak peta risiko kebakaran diperkenalkan pada tahun 2009.

Bulan lalu, ribuan orang terpaksa mengungsi dari kebakaran di pulau Rhodes, Yunani, setelah kebakaran hutan terjadi di sana dan di beberapa bagian lain di negara itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement