Kamis 31 Aug 2023 06:58 WIB

Kendaraan Tempur Baru Angkatan Darat AS, Mirip Tank Ringan Tapi Lebih Canggih

Kendaraan tempur baru ini jauh lebih ringan dibandingkan tank Abrams versi terbaru.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Kendaraan tempur tank (ilustrasi).
Foto: Antara
Kendaraan tempur tank (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, FORT BELVOIR -- Akhir tahun 2023 ini, US Army atau Angkatan Darat AS akan memiliki armada tempur baru yang sudah disiapkan untuk melengkapi kendaraan tempur darat mereka. Kendaraan tempur itu ada M10 Booker, kendaraan serbu ringan mirip tank baru, yang secara resmi telah diluncurkan oleh Angkatan Darat AS pada 10 Juni 2023. 

Beratnya sekitar 42 ton, berharga sekitar 13 juta dolar AS per unitnya, dan dipersenjatai dengan meriam utama 105mm. Para pemimpin tertinggi Angkatan Darat AS pada saat perayaan ulang tahun Angkatan Darat di Fort Belvoir, Virginia, telah mengumumkan nama resmi untuk kendaraan tersebut M10 Booker – senjata serbu ringan mirip tank – yang sebelumnya dikenal sebagai Mobile Protected Firepower Ground Combat Kendaraan. 

Baca Juga

"M10 Booker adalah kendaraan lapis baja yang dimaksudkan untuk mendukung Tim Tempur Brigade Infanteri kami dengan menekan dan menghancurkan benteng, sistem senjata, dan rute parit, dan kemudian memberikan perlindungan terhadap kendaraan lapis baja musuh," kata Mayor Jenderal Glenn Dean, perwira eksekutif program Sistem Tempur Darat Angkatan Darat dikutip Wall Street Journal.

Nama kendaraan tempur itu menghormati Staf Sersan Stevon A Booker, yang menerima Distinguished Service Cross secara anumerta atas keberanian menyelamatkan nyawa dalam invasi Irak tahun 2003, dan Pvt Robert D Booker, yang secara anumerta dianugerahi Medal of Honor atas tindakan heroiknya di Tunisia pada tahun 1943 yang mengorbankan nyawanya, kata pejabat Angkatan Darat.

M10 Booker pertama diharapkan tiba di Angkatan Darat pada bulan November, lanjut Mayjen Glenn Dean, yang bertanggung jawab atas sistem tempur darat. Angkatan Darat memperkirakan akan mengerahkan batalion M10 pertamanya untuk melakukan pengujian operasi awal pada akhir tahun 2024 atau awal tahun 2025, kata Dean. Dia menolak mengatakan di mana batalion M10 pertama akan ditempatkan.

Pada akhirnya, Angkatan Darat bermaksud untuk membangun batalyon M10 ke dalam tim tempur brigade infanteri ringan, termasuk unit lintas udara. Meskipun kendaraan tersebut tidak dapat dijatuhkan di udara, namun dapat diangkut melalui udara – dua kendaraan dapat ditampung di dalam jet angkut C-17, kata Dean.

Meskipun M10 terlihat seperti tank tempur utama M1 Abrams, Angkatan Darat telah memutuskan untuk tidak mengklasifikasikannya sebagai tank. Dean tidak menjelaskan secara pasti mengapa keputusan itu dibuat, mengingat keputusan tersebut bersifat doktrinal dan bukan tanggung jawab unitnya, yang fokus pada pengembangan dan akuisisi.

Dean mengatakan seolah M10 Booker “seperti rasanya mirip” sebuah tank. Faktanya, senjata yang dibuat oleh General Dynamics ini memiliki banyak aspek yang sama dengan Abrams. Kendaraan tempur ini akan diawaki oleh empat awak di kokpit yang hampir identik dengan Abrams dan dilengkapi meriam tembakan langsung 105mm yang berat, seperti model lama Abrams.

Namun Booker jauh lebih ringan dibandingkan tank Abrams versi terbaru, yang memiliki senjata utama 120mm. Tank M1A2 SEPv3 Abrams milik Angkatan Darat memiliki berat hampir 74 ton dan M10 akan berbobot sekitar 42 ton, kata dinas tersebut. M10 juga akan jauh lebih murah. Abrams terbaru berharga sekitar 24 juta dolar AS per unit tank, namun Bookers diperkirakan menelan biaya sekitar 12,9 juta dolar per unit kendaraan, yang mencakup suku cadang dan biaya untuk mengerahkan dan melatih senjata baru tersebut, kata Dean.

"Program yang dimulai pada tahun 2015 ini sejauh ini berjalan tepat waktu dan sesuai anggaran," ujarnya.

Asisten Sekretaris Angkatan Darat AS untuk Akuisisi, Logistik, Dan Teknologi Tempur, Doug Bush berbicara dengan para wartawan di Pentagon tentang kendaraan baru tersebut bahwa masalah terburuk telah teratasi. Masalah di mana gas beracun akan memenuhi turret setelah senjata utama ditembakkan "adalah masalah yang sudah berlalu." 

Kemudian soal kendaraan tempur yang akan menjadi terlalu panas dalam kondisi kinerja penuh, diselesaikan setelah para insinyur memperbaiki masalah aliran udara di bagian belakang M10. Bush menepis rumor lain bahwa kekurangan peluru 105mm adalah akibat dari amunisi yang dikirim ke Ukraina. "Jumlah amunisi yang disediakan untuk Ukraina tidak berpengaruh pada program ini," katanya.

Turret akan diproduksi di Ohio dan lambung di Michigan, dan akan dirakit di Alabama. Setelah produksi mencapai kapasitas penuh, kemudian ia melanjutkan, Angkatan Darat AS berharap dapat memproduksi tiga M10 baru per bulan. Di mana produksi kendaraan dimulai pada awal tahun 2023, dan Angkatan Darat mengharapkan pengiriman pertama pada tahun 2024. 

Perencana mengharapkan satu batalion penuh 42 Kendaraan Tempur Booker pada akhir tahun 2025, dan berharap pada akhirnya dapat mengerahkan lebih dari 500 M10. Dan batalion baru M10 akan menemani unit infanteri baru yang sedang dibentuk, meskipun rincian di mana dan kapannya belum diputuskan.

Sebelumnya Angkatan Darat AS memberikan kontrak senilai 1,14 miliar dolar AS kepada General Dynamics Land Systems untuk program Mobile Protected Firepower, demikian diumumkan Angkatan Darat hari ini, yang menandai tonggak sejarah yang signifikan bagi salah satu dari 35 prioritas modernisasi Angkatan Darat AS.

General Dynamics memenangkan kontrak Mobile Protected Firepower senilai 1,14 miliar dolar AS. Program Mobile Protected Firepower, tank ringan untuk brigade infanteri, merupakan salah satu prioritas modernisasi utama Angkatan Darat dan kendaraan desain baru pertama Angkatan Darat dalam 40 tahun terakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement