Jumat 01 Sep 2023 08:08 WIB

Obat-obatan Palsu Jadi Penyebab Kematian Tertinggi Akibat Overdosis di AS

Kematian akibat overdosis obat palsu meningkat dua kali lipat pada 2019-2021.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Overdosis (ilustrasi)
Overdosis (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, ATLANTA -- Kematian akibat overdosis mencapai rekor tertinggi di Amerika Serikat dalam beberapa tahun terakhir. Dan sebuah laporan terbaru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, Central for Disease Control and Prevention (CDC) menunjukkan bahwa pil dan obat-obatan palsu terlibat dalam peningkatan jumlah kematian tersebut.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat atau Drug Enforcement Administration (DEA) mengeluarkan peringatan keamanan publik tentang peningkatan tajam pil resep palsu yang dicampur dengan fentanil dan metamfetamin sekitar dua tahun yang lalu. Menurut agensi tersebut, lebih dari 9,5 juta pil palsu disita pada tahun 2021, lebih banyak dari gabungan dua tahun sebelumnya.

Baca Juga

Sebuah laporan baru dari CDC menangkap konsekuensi yang mematikan, melacak laporan rinci tentang kematian yang diserahkan ke Sistem Pelaporan Overdosis Obat yang Tidak Disengaja CDC oleh 30 yurisdiksi.

Kematian akibat overdosis dengan bukti penggunaan pil palsu menjadi lebih dari dua kali lipat lebih sering terjadi antara paruh kedua tahun 2019 dan akhir tahun 2021. Dalam beberapa bulan terakhir tahun 2021, sekitar 5 persen orang yang meninggal akibat overdosis obat menunjukkan bukti penggunaan pil palsu, menurut laporan baru tersebut.

Fentanil yang diproduksi secara ilegal terlibat dalam hampir semua kematian akibat overdosis dengan bukti penggunaan pil palsu, termasuk lebih dari dua, dari lima kematian yang secara eksklusif disebabkan oleh fentanil, demikian temuan para peneliti CDC. Metamfetamin terdeteksi pada sekitar seperempat kematian yang melibatkan pil palsu, sementara kokain dan benzodiazepin hadir di lebih dari satu dari delapan kasus.

Banyak dari obat-obatan ini diproduksi oleh geng dan jaringan narkoba kriminal dan dibuat agar terlihat seperti obat opioid yang diresepkan seperti oksikodon atau hidrokodon, atau stimulan yang digunakan untuk mengobati ADHD (Attention Deficit and Hyperactivity yang Disorder).

Sekitar tiga perempat dari pil palsu yang terlibat dalam kematian akibat overdosis obat dimaksudkan untuk terlihat seperti oxycodone, menurut laporan CDC yang baru. DEA mengatakan bahwa sebagian besar pil palsu yang dibawa masuk ke Amerika Serikat diproduksi di Meksiko.

Paparan terhadap berbagai jenis pil dan obat-obatan palsu mungkin berbeda di setiap wilayah, menurut laporan tersebut. Namun data menunjukkan bahwa pil palsu yang dicampur dengan fentanil "menyusup ke pasar obat di negara bagian AS bagian barat."

Kematian akibat overdosis yang melibatkan pil palsu secara konsisten paling sering terjadi di negara bagian Barat, dan meningkat lebih cepat daripada rata-rata dalam beberapa tahun terakhir - tiga kali lipat dari sekitar 5 persen pada pertengahan 2019 menjadi hampir 15 persen pada akhir 2021.

Individu Hispanik dan mereka yang berusia di bawah 35 tahun juga ditemukan lebih berisiko.

Untuk membantu menghindari overdosis, para ahli mengatakan bahwa orang hanya boleh menggunakan pil farmasi yang diresepkan untuk mereka, dan diterima langsung dari apotek atau penyedia layanan kesehatan lainnya.

Akses ke strip tes fentanil dan produk dan layanan pemeriksaan narkoba lainnya dapat membantu mengidentifikasi kandungan pil dan mendorong penggunaan langkah-langkah pengurangan dampak buruk seperti menyediakan nalokson, tulis para peneliti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement