Sabtu 02 Sep 2023 14:03 WIB

Sadis, Petugas Tembak Wanita Hamil di Tempat Parkir Hingga Tewas

Polisi Ohio merilis video penembakan tersebut.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Ilustrasi Penembakan
Foto: Pixabay
Ilustrasi Penembakan

REPUBLIKA.CO.ID, COLUMBUS -- Kepolisian Ohio pada Jumat (1/9/2023) merilis sebuah rekaman kamera yang cukup memprihatinkan, di mana menunjukkan seorang petugas menembak seorang wanita kulit hitam yang sedang hamil di tempat parkir, sebuah toko kelontong. Kejadian yang terjadi dua pekan yang lalu itu, setelah wanita kulit hitam tersebut dituduh sebagai pencuri, dan menolak keluar dari mobilnya.

Wanita tersebut malah menabrak kaki petugas kepolisian yang sudah menghadang kendaraan. Petugas akhirnya tak sengaja melepas tembakan ke kaca mobil dan menewaskan wanita tersebut, bersama bayi yang di dalam kandungannya.

Baca Juga

Video insiden di Blendon Township pada 24 Agustus lalu itu menyusul tuntutan keluarga wanita berusia 21 tahun itu, Ta'Kiya Young, agar petugas yang melepaskan tembakan fatal itu dimintai pertanggungjawaban.

"Seorang tersangka pencurian mengemudikan mobilnya ke salah satu petugas saya dan petugas tersebut melepaskan satu tembakan ke arah kaca depan," ujar Kepala Kepolisian Blendon John Belford dalam sebuah pernyataan yang menyertai rilis tersebut.

Namun Sean Walton, seorang pengacara untuk keluarga Young, mengatakan bahwa Young adalah korban. "Kami menuntut pertanggungjawaban atas dua nyawa yang berharga - Ta'Kiya dan anak perempuannya yang belum lahir," katanya dalam sebuah konferensi pers pada hari Kamis (31/8/2023). Walton tidak dapat dimintai komentar pada hari Jumat.

Kematian Young adalah salah satu dari serentetan kasus-kasus kekerasan warga kulit hitam terkenal baru-baru ini di Amerika Serikat, yang melibatkan petugas polisi. Aparat selalu dituduh menggunakan kekerasan berlebihan dalam kematian warga kulit hitam dan minoritas lainnya, yang memicu seruan untuk reformasi sistem peradilan pidana AS.

Insiden tersebut terjadi di tempat parkir sebuah toko kelontong di Blendon, 15 mil (24 km) timur laut Kota Columbus, ibukota negara bagian Ohio.

Polisi mencegat Young setelah seorang karyawan mengatakan bahwa Young termasuk di antara beberapa orang yang telah mengutil minuman keras dari toko tersebut.

Video yang dipublikasikan pada hari Jumat menunjukkan seorang petugas berdiri di samping kendaraan Young sambil berulang kali memerintahkannya untuk keluar. Petugas kedua datang ke bagian depan kendaraan dan menodongkan pistol ke kaca depan, memintanya untuk keluar.

Namun Young yang sudah memegang kemudi terlihat membelokkan kemudinya ke kanan, menjauh dari petugas tersebut, sebelum kendaraan itu mulai bergerak ke arahnya. Kendaraan itu mendorong petugas itu mundur sambil ia meletakkan tangan kirinya di atas kap mobil, dengan pistol terhunus di tangan kanannya.

Namun kendaraan tersebut kembali bergerak menabrak kakinya, dan seketika petugas itu melepaskan satu tembakan ke arah kaca depan. Peristiwa pelepasan tembakan itu berlangsung selama 25 detik. Young yang tertembak kemudian meninggal di rumah sakit terdekat. Bayi perempuannya yang masih dalam kandungan tidak selamat.

Belford sebelumnya mengatakan di Facebook bahwa petugas polisi dipanggil ke toko untuk membantu seorang pembeli yang terkunci di luar kendaraan mereka.

Kedua petugas, yang belum diidentifikasi oleh departemen tersebut, telah ditempatkan pada cuti administratif. Biro Investigasi Kriminal Ohio sedang melakukan penyelidikan.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement