Ahad 03 Sep 2023 16:24 WIB

Jadi Rival, Gubernur Florida Ogah Temani Biden Tinjau Dampak Badai Idalia

Persaingan sengit antara Biden dan Gubernur Florida, Ron DeSantis semakin terlihat

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Gubernur Florida, Ron DeSantis resmi masuk bursa kandidat capres Partai Republik untuk Pemilu AS tahun depan.
Foto: Tangkapan Layar/VOA
Gubernur Florida, Ron DeSantis resmi masuk bursa kandidat capres Partai Republik untuk Pemilu AS tahun depan.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden pada Sabtu (2/9/2023) mengunjungi Florida untuk meninjau wilayah yang terkena dampak Badai Idalia. Biden melakukan tur jalan kaki ke kota yang sedang memulihkan diri dari badai.  

 

Baca Juga

“Saya di sini hari ini untuk menyampaikan pesan yang jelas kepada masyarakat Florida dan seluruh wilayah Tenggara. Seperti yang saya katakan kepada gubernur Anda, jika ada yang dibutuhkan negara bagian Anda, saya siap memobilisasi dukungan itu. Apa pun yang mereka butuhkan terkait badai ini. Negara Anda mendukung Anda dan kami akan bersama Anda sampai pekerjaan selesai," ujar Biden.

 

Badai Idalia mendarat pada Rabu (30/8/2023) pagi di sepanjang wilayah Big Bend yang jarang penduduk di Florida sebagai badai Kategori 3. Badai ini menyebabkan banjir dan kerusakan yang meluas sebelum bergerak ke utara hingga Georgia dan Carolina.

 

Persaingan sengit antara Biden dan Gubernur Florida, Ron DeSantis dalam pemilihan presiden 2024 semakin terlihat. DeSantis tidak hadir mendampingi Biden yang mengunjungi Florida untuk meninjau dampak badai. DeSantis, seorang calon presiden dari Partai Republik menolak bergabung dengan Biden setelah ia menyatakan bahwa kehadiran Partai Demokrat dapat menghambat upaya tanggap bencana.

 

Ketika ditanya tentang ketidakhadiran saingannya, Biden mengatakan, dia tidak kecewa. Namun Biden menyambut baik kehadiran Rick Scott, salah satu dari dua senator AS dari Partai Republik di negara bagian Florida.

 

Membantu warga Florida dan komunitasnya untuk bangkit kembali merupakan penekanan dalam pengarahan mengenai upaya tanggap darurat dan pemulihan. Ketidakhadiran DeSantis yang mencolok tampaknya tidak menimbulkan kekhawatiran bagi warga dan pejabat.

 

Pada Jumat (1/9/2023) beberapa jam setelah Biden mengatakan dia akan bertemu dengan DeSantis, kantor gubernur mengeluarkan pernyataan yang mengatakan, tidak ada rencana untuk pertemuan dengan Biden. “Di komunitas pedesaan ini, persiapan keamanan yang diperlukan untuk mengadakan pertemuan semacam itu akan menghentikan upaya pemulihan yang sedang berlangsung,” kata juru bicara DeSantis, Jeremy Redfern dalam sebuah pernyataan.

 

Kantor DeSantis mengatakan, gubernur dijadwalkan mengunjungi Pantai Keaton, sekitar 60 mil barat daya Live Oak, dan Pantai Horseshoe, sekitar 75 mil jauhnya pada Sabtu. Acara terakhir dimulai pada pukul 13.45 waktu setempat.

 

Ketika Biden meninggalkan Washington pada Sabtu pagi, wartawan bertanya apa yang terjadi jika dia bertemu dengan DeSantis. "Saya tidak tahu. Dia tidak akan berada di sana,” kata Biden tentang DeSantis.

 

Keterputusan politik antara kedua belah pihak merupakan terobosan dari masa lalu, sejak Biden dan DeSantis bertemu ketika presiden melakukan tur ke Florida setelah Badai Ian melanda negara bagian itu tahun lalu. Termasuk setelah runtuhnya kondominium Surfside di Miami Beach pada musim panas 2021. Namun DeSantis sekarang  berlari untuk menggulingkan Biden.

 

Mengesampingkan persaingan politik setelah terjadinya bencana alam bisa jadi rumit....

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement