Rabu 06 Sep 2023 19:44 WIB

Wapres Kamala Harris Puji Kepemimpinan Jokowi di ASEAN

Indonesia dinilai sebagai mitra yang penting dan sahabat bagi Amerika Serikat.

Rep: Dessy Suciati Saputri / Red: Nidia Zuraya
Wakil Presiden AS Kamala Harris (kiri) berjabat tangan dengan Presiden RI Joko Widodo di sela-sela pertemuan ASEAN-US Summit di Jakarta, Rabu (6/9/2023).
Foto: EPA-EFE/BAGUS INDAHONO
Wakil Presiden AS Kamala Harris (kiri) berjabat tangan dengan Presiden RI Joko Widodo di sela-sela pertemuan ASEAN-US Summit di Jakarta, Rabu (6/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris mengapresiasi kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di ASEAN pada 2023. Menurutnya, Jokowi telah menjadikan ASEAN sebagai prioritas untuk menciptakan hasil nyata, khususnya pada pertumbuhan ekonomi.

Hal ini disampaikan Harris saat melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Jokowi di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (6/9/2023). “Saya berterima kasih atas kepemimpinan Anda di ASEAN pada 2023. Anda telah membuat ASEAN sebagai prioritas untuk menciptakan hasil nyata, khususnya menekankan pertumbuhan ekonomi,” ujar Harris dalam sambutan pengantarnya.

Baca Juga

Harris mengatakan, Indonesia selama ini telah menjadi mitra yang kuat untuk memulihkan demokrasi di Myanmar. Selain itu, Indonesia juga dinilai sebagai mitra yang penting dan sahabat bagi Amerika Serikat.

“Kita telah menjalin hubungan persahabatan yang lama yang akan mendorong pada kemakmuran dan keamanan kedua negara serta bagi Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” kata Harris.

Lebih lanjut, Harris menyampaikan bahwa pertemuan terakhirnya dengan Jokowi terjadi pada November tahun lalu di Bangkok saat pertemuan pemimpin APEC.

“Merupakan suatu kehormatan bagi saya untuk bergabung dengan Presiden Joe Biden dalam menjamu Anda pada KTT khusus AS-ASEAN yang bersejarah pada Mei lalu,” lanjut dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement