Selasa 12 Sep 2023 00:08 WIB

Kim Jong Un dan Putin Bersekutu, Berita Buruk Bagi Eropa 

Dukungan Korut akan membuat Putin memperpanjang perang.

Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) dan pemimpin Korut Kim Jong Un
Foto:

Perjalanan Kim 

Kim Jong Un jarang bepergian ke luar negeri. Saat ia melakukannya, maka berlangsung secara rahasia dan dengan pengamanan ketat. Ia menggunakan kereta lapis baja dengan gerbong berwarna hijau zaitun, dilengkapi dengan sistem komunikasi. 

Kereta juga menyediakan gerbong khusus bagi Kim untuk bekerja dan melakukan pertemuan. Associated Press yang ada di dekat perbatasan Korut-Rusia melihat kereta hijau dengan trim kuning yang digunakan Kim dalam kunjungan luar negeri, berada di sebuah stasiun. 

Lokasinya di sisi wilayah Korut. Belum jelas apakah Kim memang ada di dalam kereta tersebut. Surat kabar Korsel, Chosun Ilbo, melaporkan, Kim meninggalkan Pyongyang pada Ahad (10/9/2023) tengah malam dan dijadwalkan bertemu Putin pada Selasa. 

Media Jepang menyatakan, keamanan ditingkatkan dan pengecatan ulang dilakukan di stasiun utama di Khasan, kota perbatasan Rusia, yang menjadi gerbang masuk Kim ke Rusia. 

Kementerian Luar Negeri Korsel memantau perkembangan atas perjalanan dan rencana pertemuan Kim dengan Putin. Namun  mereka menolak menyampaikan keterangan lebih terperinci. 

 

sumber : AP/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement