Selasa 12 Sep 2023 09:19 WIB

Akhirnya AS Izinkan Transfer 6 Miliar Dolar Dana Milik Iran ke Qatar 

Dana yang ditransfer hanya dapat digunakan untuk belanja kemanusiaan.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken (kiri)
Foto: AP Photo/Dita Alangkara
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID,WASHINGTON – Amerika Serikat (AS) meringankan sanksi untuk mengizinkan transfer dana milik Iran sebesar 6 miliar dolar AS. Dana tersebut dibekukan di Korsel dan akan ditransfer ke Qatar sebagai bagian kesepakata pembebasan warga AS yang ditahan di Teheran. 

‘’Untuk memfasilitasi pembebasan mereka, AS membebaskan lima warga Iran yang ditahan di AS dan mengizinkan transfer 6 miliar dolar dana Iran di rekening terbatas di Korsel ke rekening di Qatar,’’ demikian isi dokumen Kemenlu AS yang dilihat Reuters, Senin (11/9/2023). 

Baca Juga

Dokumen itu menyebutkan, dana sebesar 6 miliar dolar AS itu hanya bisa digunakan belanja kemanusiaan. Transfer dana ini hanya memberikan manfaat terbatas bagi Iran karena seperti disebutkan dalam dokumen bahwa dana itu hanya bisa dipakai untuk belanja kemanusiaan. 

‘’Dengan mengizinkan dana ini ditransfer ke rekening terbatas Iran yang dibekukan di Korsel ke rekening di Qatar untuk belanja kemanusiaan diperlukan untuk memuluskan pembebasan warga AS,’’ ungkap dokumen Kemenlu AS tersebut. 

Transfer dana milik Iran dan pertukaran tahanan diperkirakan akan berlangsung paling cepat pekan depan, merujuk keterangan delapan pejabat Iran dan sumber-sumber lainnya yang mengetahui jalannya negosiasi AS dan Iran itu. 

Pencabutan sanksi diterapkan ke lembaga-lembaga keuangan yang berada di bawah yuridiksi Jerman, Irlandia, Qatar, Korsel, dan Swiss untuk melakukan transaksi dengan  perusahaan minyak nasional Iran,  bank sentral, dan lembaga keuangan Iran lainnya.

Sebelumnya, Iran menyatakan semua dana miliknya yang dibekukan di Korsel tak lagi diblokir. Dana tersebut akan digunakan untuk membeli barang-barang yang tak masuk dalam daftar sanksi. AS mensyaratkan untuk barang kemanusiaan seperti obat dan pangan. 

Kepala Bank Sentral Iran Mohammad Reza Farzin mengonfirmasi pernyataan AS ada pembatasan atas penggunaan dana 6 miliar hingga 7 miliar milik Iran tersebut. Sumber lain menyebutkan, dana yang dicairkan tersebut berjumlah 10 miliar dolar AS. 

Melalui akun X miliknya, Farzin menyatakan dana ditransfer dari bank di Korsel ke enam rekening bank Iran di Qatar. ‘’Selamat kepada tim diplomasi yang berhasil melepas pembekuan dana di luar negeri,’’ katanya, Sabtu (12/8/2023) waktu setempat. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement