Kamis 14 Sep 2023 07:14 WIB

Los Angeles Ubah Nama Persimpangan Jalan untuk Hormati Mahsa Amini

Mahsa Amini adalah seorang perempuan yang meninggal dalam tahanan polisi moral Iran.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Seorang wanita memegang plakat bergambar Mahsa Amini Iran saat dia menghadiri protes terhadap kematiannya (ilustrasi).
Foto: AP Photo/Markus Schreiber
Seorang wanita memegang plakat bergambar Mahsa Amini Iran saat dia menghadiri protes terhadap kematiannya (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Dewan Kota Los Angeles pada Selasa (12/9/2023) memutuskan mengganti nama sebuah persimpangan jalan untuk mengenang Mahsa Amini. Amini adalah seorang perempuan berusia 22 tahun yang meninggal dalam tahanan polisi moral Iran.

Amini ditangkap dan ditahan oleh polisi moral karena tidak menggunakan jilbab sesuai dengan aturan negara. Kematian Amini yang terjadi hampir setahun lalu, memicu protes nasional selama berbulan-bulan di Iran. Persimpangan Westwood Boulevard dan Rochester Avenue, di kawasan yang menjadi lokasi bisnis Persia, akan diganti namanya menjadi Women Life Freedom Square untuk mengenang Amini.

Baca Juga

Los Angeles adalah rumah bagi komunitas Iran yang berjumlah hampir 138.000 orang. Menurut Universitas Kalifornia, Los Angeles, sekitar 400.000 hingga 620.000 orang keturunan Iran tinggal di Amerika Serikat (AS).

Protes anti-pemerintah setelah kematian Amini berubah menjadi aksi demonstrasi oposisi terbesar terhadap pemerintah Iran selama bertahun-tahun. Amerika Serikat dan Iran telah berselisih mengenai hak asasi manusia, program nuklir Teheran, dan dukungannya terhadap pejuang Syiah di wilayah tersebut.  Namun kedua negara sepakat untuk melakukan pertukaran tahanan, dengan imbalan pencairan dana Iran yang dibekukan sebesar 6 miliar dolar AS dari rekening Korea Selatan ke Qatar. Dana ini hanya dapat digunakan untuk kemanusiaan.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement