Kamis 14 Sep 2023 11:50 WIB

Taiwan Deteksi 40 Pesawat Militer Cina

Sebagian besar pesawat itu terbang ke selatan Taiwan dan menuju Selat Bashi.

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan dalam 24 jam terakhir pihaknya mendeteksi 40 pesawat angkatan udara Cina memasuki zona pertahanan udara pulau itu.
Foto: AP
Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan dalam 24 jam terakhir pihaknya mendeteksi 40 pesawat angkatan udara Cina memasuki zona pertahanan udara pulau itu.

REPUBLIKA.CO.ID, TAIPEI -- Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan dalam 24 jam terakhir pihaknya mendeteksi 40 pesawat angkatan udara Cina memasuki zona pertahanan udara pulau itu. Dalam pernyataannya pada Kamis (14/9/2023), kementerian mengatakan sebagian besar pesawat itu terbang ke selatan Taiwan dan menuju Selat Bashi.

Berdasarkan peta yang disediakan kementerian, setidaknya empat pesawat juga melintasi garis median Selat Taiwan di barat laut pulau itu.

Baca Juga

Dalam beberapa bulan terakhir, Cina meningkatkan aktivitas militernya di sekitar Taiwan. Menurut pengamat langkah ini merupakan upaya untuk mengintimidasi pulau yang diperintah sendiri itu dan memaksanya menerima kekuasaan Cina.

Cina juga mengirim kelompok kapal induk dan puluhan pesawat tempur ke wilayah sekitar Taiwan dalam salah satu operasi terbesar dalam beberapa bulan. Operasi ini digelar beberapa hari setelah Wakil Presiden Taiwan Lai Ching-te melakukan transit di Amerika Serikat.

Cina  juga  melakukan latihan teratur di Selat Taiwan, selat sempit yang memisahkan Taiwan dari daratan Cina. Latihan ini sering kali melibatkan latihan menembak langsung dan penyebaran sistem senjata canggih.

Pemerintah Cina  mengeklaim  aktivitas militernya perlu untuk melindungi kedaulatannya. Namun, banyak pengamat yang yakin Cina sebenarnya mencoba mengintimidasi Taiwan dan mencegahnya bergerak menuju kemerdekaan.

Amerika Serikat memantau dengan cermat situasi di Taiwan dan memperingatkan Cina agar tidak menggunakan kekuatan. AS juga  berjanji untuk membantu Taiwan mempertahankan diri.

Peningkatan aktivitas militer Cina  di sekitar Taiwan  meningkatkan ketegangan di kawasan itu dan menimbulkan kekhawatiran dari Amerika Serikat dan sekutunya. Terdapat beberapa alasan mengapa Cina melakukan latihan militer di sekitar Taiwan.

Selain untuk mengintimidasi Taiwan, Cina juga ingin mengirim pesan ke Taiwan mereka bersedia menggunakan kekuatan untuk mencegah pulau itu mendeklarasikan kemerdekaan. Cina juga menguji pertahanan Taiwan dengan menggelar latihan militer untuk melihat bagaimana Taiwan akan merespons serangan Cina.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement