Sabtu 16 Sep 2023 16:55 WIB

Tiga Negara Uni Eropa Kembali Batasi Impor Produk-Produk Ukraina

Ukraina adalah salah satu eksportir biji -bijian tertinggi dunia sebelum invasi Rusia

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya
Seorang pemanen mengumpulkan gandum di desa Zghurivka, Ukraina, Selasa, 9 Agustus 2022 (ilustrasi). Polandia, Slovakia, dan Hongaria mengumumkan pembatasan pada impor biji -bijian Ukraina.
Foto: AP/Efrem Lukatsky
Seorang pemanen mengumpulkan gandum di desa Zghurivka, Ukraina, Selasa, 9 Agustus 2022 (ilustrasi). Polandia, Slovakia, dan Hongaria mengumumkan pembatasan pada impor biji -bijian Ukraina.

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS -- Polandia, Slovakia, dan Hongaria mengumumkan pembatasan pada impor biji -bijian Ukraina pada Jumat (15/9/2023). Kesepakatan ini dilakukan setelah Komisi Eropa memutuskan untuk tidak memperpanjang larangan impor ke Ukraina ke lima tetangga Uni Eropa (UE).

"Larangan itu mencakup empat sereal, tetapi juga atas permintaan saya, atas permintaan petani, larangan tersebut telah diperpanjang untuk memasukkan makanan dari sereal ini, jagung, gandum, rapeseed, sehingga produk -produk ini juga tidak mempengaruhi pasar Polandia," ujar Menteri Pertanian Polandia Robert Telus mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diposting di Facebook.

Baca Juga

Ukraina adalah salah satu eksportir biji -bijian tertinggi dunia sebelum invasi Rusia 2022. Perang yang terjadi mengurangi kemampuannya untuk mengirimkan produk pertanian ke pasar global.

Petani Ukraina mengandalkan ekspor biji -bijian melalui negara-negara tetangga sejak konflik dimulai karena tidak dapat menggunakan rute yang biasanya yang melalui pelabuhan Laut Hitam.

Tapi banjir biji -bijian dan biji minyak ke negara -negara tetangga mengurangi harga di sana. Kondisi ini pun berdampak pada pendapatan petani lokal dan mengakibatkan pemerintah melarang impor pertanian dari Ukraina.

UE pada Mei mencoba mencegah negara-negara tersebut secara pribadi mengenakan larangan sepihak dan memberlakukan larangannya sendiri pada impor ke negara-negara tetangga. Dalam aturan larangan UE ini, Ukraina diizinkan untuk mengekspor melalui negara-negara dengan syarat produk itu dijual di tempat lain.

Organisasi itu mengizinkan larangan itu berakhir pada Jumat, setelah Ukraina berjanji untuk mengambil langkah-langkah untuk memperketat kendali ekspor ke negara-negara tetangga. Masalahnya sangat sensitif sekarang saat petani memanen tanaman dan bersiap untuk menjual.

Komisaris Perdagangan UE Valdis Dombrovskis mengatakan pada Jumat, negara-negara harus menahan diri dari langkah -langkah sepihak terhadap impor biji -bijian Ukraina. Namun, Polandia, Slovakia, dan Hongaria segera merespons dengan menerapkan kembali pembatasan a sendiri pada impor biji Ukraina. Mereka harus terus memungkinkan transit produk Ukraina.

"Selama Ukraina mampu menyatakan bahwa biji -bijian akan sampai ke negara tujuan, melalui truk dan kereta api, larangan penggunaan domestik tidak benar-benar akan menempatkan penyok dalam kemampuan Ukraina untuk mengeluarkan ekspor," kata ahli strategi pertanian senior untuk marex Terry Reilly.

Reilly mencatat bahwa gangguan pada ekspor Laut Hitam adalah perhatian yang lebih besar. Terlebih lagi tidak jelas berapa banyak Ukraina telah berjanji untuk membatasi ekspor atau cara larangan baru akan berdampak pada aliran produk dari Ukraina. Masalah ini telah menggarisbawahi kondisi UE atas dampak perang di Ukraina pada ekonomi negara-negara anggota yang sendiri memiliki lobi pertanian dan pertanian yang kuat.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyambut keputusan UE untuk tidak memperpanjang larangan ekspor biji -bijian. Namun dia mengatakan, pemerintahnya akan bereaksi dengan cara beradab jika negara-negara anggota UE melanggar aturan UE.

Tapi ketiga negara berpendapat tindakan yang dilakukan adalah demi kepentingan ekonomi nasional. "Kami akan memperpanjang larangan ini terlepas dari ketidaksepakatan mereka, terlepas dari ketidaksetujuan Komisi Eropa. Kami akan melakukannya karena itu untuk kepentingan petani Polandia," ujar Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki.

Menurut keputusan pemerintah yang diterbitkan pada Jumat, Hongaria memberlakukan larangan impor nasional pada 24 produk pertanian Ukraina, termasuk biji -bijian, sayuran, beberapa produk daging dan madu. Menteri Pertanian Slovakia mengikuti dengan mengumumkan larangan biji-bijiannya sendiri. Ketiga larangan hanya berlaku untuk impor domestik dan tidak mempengaruhi transit ke pasar selanjutnya.

UE menciptakan rute lahan alternatif yang disebut jalur solidaritas. Komisi UE mengatakan, langkah -langkah yang ada akan berakhir karena tidak ada alasan untuk memperpanjang larangan karena distorsi pasokan yang menyebabkan larangan pada Mei telah menghilang dari pasar.

Petani di lima negara yang berdekatan dengan Ukraina telah berulang kali mengeluh tentang produk yang mendekati harga domestik dan mendorong menuju kebangkrutan. Negara -negara, kecuali Bulgaria, telah mendorong perpanjangan larangan UE. Bulgaria sehari sebelum berakhir memilih untuk membatalkannya.

Pemerintah Rumania mengatakan pada Jumat, menyesali bahwa solusi Eropa untuk memperpanjang larangan itu tidak dapat ditemukan. Bukares mengatakan, akan menunggu Kiev untuk mempresentasikan rencananya untuk mencegah gelombang ekspor sebelum memutuskan cara melindungi petani lokal.

Rumania melihat lebih dari 60 persen aliran alternatif melewati wilayahnya terutama melalui Danube River dan para petani telah mengancam protes jika larangan itu tidak diperpanjang.

Untuk tahun lalu, Ukraina telah memindahkan 60 persen dari ekspornya melalui jalur solidaritas dan 40 persen melalui Laut Hitam melalui kesepakatan perantara PBB yang berantakan pada Juli. Pada Agustus, sekitar empat juta ton butiran melewati jalur solidaritas yang hampir 2,7 juta ton melalui Danube.

UE ingin meningkatkan ekspor melalui Rumania lebih lanjut. Hanya saja rencana tersebut telah dipersulit oleh serangan drone Rusia pada infrastruktur biji -bijian Ukraina di sepanjang Danube dan dekat perbatasan Rumania. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement