Sabtu 16 Sep 2023 16:02 WIB

Jelang Peringatan Kematian Mahsa Amini, Iran Perketat Pengamanan di Kurdistan

Mahsa Amini meninggal di dalam tahanan polisi moral Iran.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya
Kematian Mahsa Amini.
Foto: Reuters
Kematian Mahsa Amini.

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Pasukan keamanan Iran yang dikerahkan di kota kelahiran Mahsa Amini di provinsi Kurdistan barat Iran pada Jumat (15/9/2023). Pengerahan ini disebut untuk mengantisipasi suar dalam penandaan kematian perempuan berusia 22 tahun itu di dalam tahanan polisi moral.

Aktivis hak -hak mengatakan, ada kehadiran besar pasukan keamanan di area Kurdistan. Aktivis lain mengatakan, sekelompok kecil pengunjuk rasa meneriakkan slogan-slogan anti-pemerintah sebelum dengan cepat bubar.

Baca Juga

Para aktivis berbicara dengan syarat anonim mengutip ketakutan akan pembalasan pemerintah di tengah pertengkaran yang berkembang pada perbedaan pendapat ketika hari jadi itu mendekat. Posting media sosial berbicara tentang penyebaran pasukan keamanan di beberapa kota, terutama di dalam Kurdistan.

Seorang perempuan Kurdi ditangkap karena diduga melanggar kode pakaian wajib Iran meninggal dunia dalam tahan pada 16 September 2022. Peristiwa itu memicu protes anti-pemerintah berbulan-bulan yang berputar menjadi pertunjukan oposisi terbesar terhadap pihak berwenang selama bertahun-tahun.

Banyak orang, dengan wanita dan orang muda sering berada di garis depan, menyerukan untuk mengakhiri lebih dari empat dekade pemerintahan Syiah. Lebih dari 500 orang termasuk 71 anak di bawah umur meninggal dalam protes, ratusan orang terluka, dan ribuan ditangkap dalam kerusuhan yang akhirnya dihancurkan oleh pasukan keamanan.

Dalam sebuah pernyataan kelompok hak asasi manusia yang berbasis di Norwegia Hengaw mengatakan, beberapa kota Kurdi di Iran barat telah mengalami suasana intimidasi dan deklarasi keadaan perang dalam beberapa hari terakhir. Dikatakan banyak warga telah ditahan.

Hengaw menyatakan, personel militer diposisikan di atas Tapeh Qawkh, sebuah bukit yang menghadap Saqez. Sementara penduduk telah menyaksikan lonjakan aktivitas helikopter di atas kota.

Posting media sosial mengutip warga Saqez yang mengatakan, bahwa pihak berwenang telah memasang kamera pengintai baru di sekitar kota, tampaknya untuk memantau dan mengidentifikasi pengunjuk rasa. Akun-akun yang memberikan informasi tersebut tidak dapat verifikasi.

NetBlocks Monitor Web melaporkan gangguan yang signifikan terhadap konektivitas internet di kota tenggara Zahedan. "Menargetkan protes anti-pemerintah ... Menjelang peringatan tahunan kematian Mahsa Amini," ujar lembaga itu.

Posting media sosial mengatakan, protes mingguan diadakan di Zahedan pada Jumat. Terdengar slogan -slogan termasuk "kematian atau kebebasan" dalam aksi tersebut.

Pihak berwenang menuduh Amerika Serikat (AS dan Israel dan agen-agen lokal kedua negara memicu kerusuhan untuk mengacaukan Iran. "Kisah Mahsa tidak berakhir dengan kematiannya yang brutal. Dia mengilhami gerakan bersejarah perempuan, kehidupan, kebebasan yang berdampak pada Iran dan memengaruhi orang-orang di seluruh dunia," ujar Presiden AS Joe Biden.

"Kami menegaskan kembali komitmen kami kepada orang -orang yang berani di Iran ... dan bersama dengan sekutu dan mitra kami, kami berdiri bersama mereka," kata Biden.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kaanani menyatakan ada standar ganda dan kebohongan dalam ekspresi dukungan Barat untuk hak-hak perempuan di Iran. Melalui akun media sosial X, Kaanani menampilkan video yang tampaknya menunjukkan penganiayaan terhadap perempuan yang dilakukan oleh polisi Barat dan Israel.

Inggris memilih untuk menjatuhkan sanksi pada empat pejabat Iran pada Jumat. Sedangkan AS telah memberikan sanksi lebih dari dua lusin orang dan entitas yang terhubung dengan penindasan kekerasan protes Iran.

Dalam sebuah laporan bulan lalu, Amnesty International mengatakan, pihak berwenang Iran telah menundukkan keluarga korban atas penangkapan dan penahanan sewenang-wenang.

"Memberlakukan pembatasan kejam pada pertemuan damai di lokasi kuburan, dan menghancurkan batu nisan korban," ujar lembaga itu.

Pasukan keamanan menahan paman Amini Safa Aeli pada 5 September. Banyak jurnalis, pengacara, aktivis, siswa, akademisi, seniman, tokoh publik, dan anggota etnis minoritas yang dituduh berhubungan dengan gelombang protes. Sedangkan kerabat pengunjuk rasa yang terbunuh dalam kerusuhan, telah ditangkap, dipanggil, diancam atau dipecat dari pekerjaan dalam beberapa minggu terakhir.

Media Iran Etemad Daily melaporkan pada Agustus, bahwa pengacara untuk keluarga Amini juga menghadapi tuduhan propaganda terhadap sistem. Jika terbukti bersalah, Saleh Nikbakht menghadapi hukuman penjara antara satu dan tiga tahun.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement