Senin 18 Sep 2023 11:33 WIB

Israel tak Terima Kota Tua Jericho di Palestina Jadi Situs Warisan Dunia UNESCO

Israel mengecam keputusan UNESCO dan menyebutnya sebagai taktik sinis

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Reruntuhan prasejarah di dekat Kota kuno Jericho di wilayah pendudukan Tepi Barat sebagai Situs Warisan Dunia di Palestina
Foto: EPA-EFE/ATEF SAFADI
Reruntuhan prasejarah di dekat Kota kuno Jericho di wilayah pendudukan Tepi Barat sebagai Situs Warisan Dunia di Palestina

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Sebuah komite Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah memutuskan untuk memasukkan reruntuhan prasejarah di dekat Kota kuno Jericho di wilayah pendudukan Tepi Barat sebagai Situs Warisan Dunia di Palestina. Keputusan itu diambil dalam pertemuan Komite Warisan Dunia PBB di Riyadh, Arab Saudi pada Ahad (17/9/2023) di bawah naungan Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB, UNESCO.

Daftar tersebut mengacu pada situs arkeologi Tell es-Sultan yang berisi reruntuhan prasejarah yang berasal dari milenium kesembilan sebelum masehi (SM) dan berada di luar kota kuno itu sendiri.  “Pemukiman permanen telah muncul di sini pada milenium ke-9 hingga ke-8 SM karena tanah oasis yang subur dan akses yang mudah terhadap air,” kata UNESCO di situsnya.

Baca Juga

Tell es-Sultan adalah sebuah gundukan berbentuk oval. Tall es-Sultan berisi bukti salah satu desa pertama yang diketahui umat manusia dan kota penting Zaman Perunggu yang berasal dari 2.600 SM.

Jarak Tell es-Sultan sekitar 2 km (1,2 mil) dari sisa-sisa kota pertama Jericho, yang berisi reruntuhan penting bagi sejarah Yahudi, termasuk sinagoga yang berasal dari abad pertama SM. Jericho adalah salah satu kota tertua yang masih dihuni di dunia. Kota ini merupakan bagian dari wilayah pendudukan Tepi Barat dan dikelola oleh Otoritas Palestina yang diakui secara internasional.

Israel mengkritik keputusan menjadikan Tall es-Sultan sebagai Warisan Dunia UNESCO. Kementerian Luar Negeri Israel mengecam keputusan tersebut dan menyebutnya sebagai taktik sinis.

“Kementerian Luar Negeri menganggap keputusan hari ini sebagai tanda lain dari sikap sinis Palestina terhadap UNESCO dan politisasi organisasi tersebut. Israel akan bertindak bersama banyak rekannya di organisasi tersebut untuk mengubah keputusan salah yang dibuat," ujar pernyataan Kementerian Luar Negeri Israel, dilaporkan Aljazirah.

Israel keluar dari UNESCO pada 2019 dan menuduh bahwa organisasi tersebut memupuk bias anti-Israel. Namun Israel mengirimkan delegasi ke pertemuan tahun ini di Arab Saudi.

Israel merebut Tepi Barat, serta Gaza dan Yerusalem timur, dalam perang Timur Tengah pada 1967.  Palestina menginginkan ketiga wilayah tersebut untuk menjadi negara merdek di masa depan.

Tidak ada perundingan perdamaian yang serius atau substantif selama lebih dari satu dekade. Israel saat ini dipimpin oleh salah satu pemerintahan nasionalis sayap kanan dalam sejarahnya, sehingga langkah apa pun menuju terbentuknya negara Palestina tampaknya mustahil.

Warisan sejarah telah lama menjadi salah satu titik konflik dalam konflik Israel-Palestina. Kedua belah pihak menggunakan arkeologi dan konservasi untuk menunjukkan apa yang mereka katakan sebagai hubungan unik mereka dengan Tanah Suci.

Otoritas Palestina, yang diakui satu dekade lalu oleh PBB sebagai negara pengamat non-anggota, menyambut baik penunjukan Tell es-Sultan sebagai Warisan Dunia. Presiden Otoritas Palestina, Mahmoud Abbas mengatakan, situs tersebut bersaksi mengenai keaslian dan sejarah rakyat Palestina. Dia menambahkan, negara Palestina berkomitmen untuk melestarikan situs unik ini demi kepentingan umat manusia. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement