Senin 18 Sep 2023 22:31 WIB

Iran Bebaskan Lima Warga AS, dari Teheran Diterbangkan ke Qatar

Doha menjadi tuan rumah sekitar delapan putaran perundingan antara AS dan Iran.

Roxanne Tahbaz memegang potret ayahnya, Morad Tahbaz yang ditahan di Iran saat unjuk rasa di London, Inggris, 13 April 2022.
Foto: Stefan Rousseau/PA via AP, File
Roxanne Tahbaz memegang potret ayahnya, Morad Tahbaz yang ditahan di Iran saat unjuk rasa di London, Inggris, 13 April 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA --  Lima warga AS yang ditahan Iran akhirnya menghirup udara bebas dan terbang meninggalkan Teheran, Senin (18/9/2023). AS juga membebaskan lima warga Iran yang ditahannya disertai pencairan 6 miliar dolar AS dana Iran yang sebelumnya dibekukan.

Sebuah pesawat yang dikirimkan mediator pertukaran tahanan itu, Qatar, menerbangkan lima warga AS serta dua kerabatnya keluar Teheran. Ini dilakukan tak lama setelah kedua belah pihak menerima konfirmasi dana 6 miliar dolar AS telah ditransfer ke rekening di Doha. 

Baca Juga

Pada saat bersamaan, dua dari lima warga Iran yang dibebaskan mendarat di Qatar. Demikian diungkapkan seorang pejabat AS. "Tiga orang lainnya memilih untuk tidak kembali ke Iran," ujar pejabat tersebut.

Seorang pejabat Iran menuturkan, lima warga AS yang memiliki dua kewarganegaraan, dalam penerbangan menuju Doha, dilanjutkan penerbangan ke AS. "Mereka dalam kondisi sehat," katanya menjelaskan mengenai proses pembebasan itu. 

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanaani mengatakan, dua dari warga Iran yang sebelumnya ditahan AS dan dibebaskan lewat kesepakatan ini akan kembali ke Iran. Dua lainnya memutuskan tinggal di AS dan sisanya akan bersama keluarganya tinggal di negara ketiga. 

Menurut Kanaani dana yang diblok di Korea Selatan setelah AS menjatuhkan sanksi lebih berat ke Iran pada 2018, bisa diakses pada Senin waktu setempat. Merujuk kesepakatan, Qatar akan menjamin dana itu dibelanjakan pada barang-barang kemanusiaan. 

Warga AS yang memiliki dua kewarganegaraan yang dibebaskan termasuk Siamak Namazi (51) dan Emad Sharqi (59), keduanya adalah pengusaha. Juga Morad Tahbaz (67), pegiat lingkungan yang juga memiliki paspor Inggris. 

Mereka dibebaskan dari penjara kemudian berstatus tahanan rumah pada bulan lalu. Warga keempat juga lebih dulu menjadi tahanan rumah, sedangkan warga kelima sebelumnya telah menjadi tahanan rumah. 

Sedangkan lima warga Iran yang dibebaskan adalah Mehrdad Moin-Ansari, Kambiz Attar-Kashani, Reza Sarhangpour-Kafrani, Amin Hassanzadeh, dan Kaveh Afrasiabi. Dua pejabat Iran menyebutkan, Afrasiabi akan tetap berada di AS. 

Kesepakatan pertukaran tahanan dan pencairan dana Iran itu tercapai setelah beberapa bulan perundingan di Doha, Qatar. Perundingan ini menghilangkan hambatan utama di antara AS yang melabeli Iran sponsor terorisme dan Iran yang menyebut AS sebagai setan besar. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement