Senin 18 Sep 2023 22:31 WIB

Iran Bebaskan Lima Warga AS, dari Teheran Diterbangkan ke Qatar

Doha menjadi tuan rumah sekitar delapan putaran perundingan antara AS dan Iran.

Roxanne Tahbaz memegang potret ayahnya, Morad Tahbaz yang ditahan di Iran saat unjuk rasa di London, Inggris, 13 April 2022.
Foto:

Meski demikian, baik Iran maupun AS masih tetap berbeda pandangan dalam sejumlah isu, misalnya program nuklir Iran dan pengaruhnya di kawasan. Persoalan lainnya adalah sanksi AS terhadap Iran dan kehadiran militer di kawasan Teluk. 

Pejabat senior AS mengungkapkan, kesepakatan pertukaranan tahanan tak mengubah hubungan dua negara. ‘’Namun, pintu diplomasi terkait program nuklir Iran masih terbuka. Jika kami melihat kesempatan maka akan mengeksplorasinya,’’ katanya. 

Melalui kesepakatan pertukaran tahanan dan pencairan dana Iran, Qatar kembali menorehkan peran internasionalnya. Qatar yang suni selama ini menjadi pangkalan terbesar militer AS di Timur Tengah tetapi juga mempunyai hubungan dekat dengan Iran yang syiah. 

Doha menjadi tuan rumah sekitar delapan putaran perundingan antara AS dan Iran, yang berlangsung di sejumlah hotel. Di sisi lain, pemerintahan Presiden Joe Biden memperoleh kritik pedas dari para politisi Republik soal pencairan dana milik Iran. 

Mereka menyebut Biden, yang berasal dari Partai Demokrat, membayar tebusan lima warga AS yang ditahan Iran dengan dana sebesar 6 miliar dolar AS. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement