Kamis 21 Sep 2023 12:41 WIB

Cina Upgrade Armada Militernya, Apa Saja?

Kapal perang dan pesawat tempur Cina di-upgrade

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Kapal perang dan pesawat tempur Cina di-upgrade di tengah meningkatnya ketegangan di Indo-Pasifik
Foto:

Kapal induk buatan dalam negeri bersiap untuk uji coba laut

Cina juga sedang dalam tahap akhir mempersiapkan kapal induk ketiga tetapi yang pertama dibuat di dalam negeri. Kapal Fujian bersiap uji coba laut, sebuah langkah penting sebelum kapal perang tersebut mulai beroperasi.

Gambar daring sebelumnya tersebar menunjukkan kapal bertenaga konvensional yang sedang dibangun saat berlabuh di galangan kapal di Shanghai menunjukkan gudang konstruksi di atas tiga jalur sistem peluncuran pesawat ketapel elektromagnetik. Namun foto ini telah dihapus baru-baru ini.

Hal ini menunjukkan kapal induk tersebut kemungkinan besar akan bergabung dengan Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLAN) dalam waktu dua tahun sesuai jadwal. Fujian menjalani uji propulsi dan uji tambatan tahun ini, dengan langkah selanjutnya adalah uji coba laut.

Operasi kapal induk Cina diawasi secara ketat oleh militer regional. Veberapa atase militer dan analis mencatat bahwa PLAN masih memiliki beberapa cara untuk menguasai operasi kompleks yang diperlukan untuk melindungi kapal-kapal yang jauh dari pantai.

Kemungkinan peningkatan kapal amfibi

Gambar daring dan laporan media menunjukkan adanya pergeseran dalam proses pembuatan kapal serbu amfibi tipe 075 Cina. Saat ini Beijing memiliki tiga kapal semacam itu, yang dianggap penting untuk kemungkinan serangan terhadap pulau Taipei.

Cina mengeklaim pulau yang diperintah secara demokratis itu sebagai bagian dari wilayahnya. Namun Taiwan menolak klaim tersebut.

Proses baru ini menunjukkan bahwa kapal perang tersebut mungkin ditingkatkan dengan propulsi listrik terintegrasi, sama seperti yang dimiliki kapal Fujian. Sebuah laporan media yang mengutip seorang ahli mengatakan, hal ini meningkatkan kemampuan serangan udaranya.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement