Selasa 26 Sep 2023 09:37 WIB

Tiket Langka Pertunjukan Teater di Malam Terbunuhnya Abraham Lincoln Dilelang Rp 4 Miliar

Tiket tersebut dicap dengan tanggal, "Ford's Theatre, 14 April 1865, This Night Only.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Lukisan saat Abraham Lincoln terbaring menunggu ajal setelah ditembak oleh seorang aktor sandiwara
Foto: History
Lukisan saat Abraham Lincoln terbaring menunggu ajal setelah ditembak oleh seorang aktor sandiwara

REPUBLIKA.CO.ID, BOSTON -- Sepasang tiket balkon barisan depan pertunjukkan di Ford's Theatre pada 14 April 1865 - malam ketika Presiden Abraham Lincoln dibunuh oleh John Wilkes Booth - terjual dalam sebuah lelang dengan harga 262.500 dolar AS atau senilai Rp 4 miliar, demikian menurut sebuah rumah lelang yang berbasis di Boston.

Tiket tersebut dicap dengan tanggal, "Ford's Theatre, 14 April 1865, This Night Only." Di sisi kiri terdapat tulisan "Ford's Theatre, Friday, Dress Circle!" dan diisi dengan pensil dengan bagian ("D") dan nomor kursi "41" dan "42", menurut RR Auction.

Baca Juga

Penempatan tempat duduk yang ditulis tangan dan stempel bundar bertanggal 14 April cocok dengan yang ditemukan pada tiket otentik lainnya yang diketahui, termasuk potongan tiket bekas dalam koleksi Perpustakaan Houghton Universitas Harvard, kata para pejabat lelang.

Potongan Harvard, yang hanya terdiri dari bagian kiri tiket, adalah satu-satunya tiket Ford's Theatre 14 April yang diketahui masih ada, dengan penempatan tempat duduk yang sama yang diisi dengan pensil dan stempel yang sama dengan yang ada di tiket yang dilelang pada hari Sabtu.

Tepat setelah pukul 22.00, pada babak ketiga drama pertunjukkan bertema "Our American Cousin," Booth memasuki bilik kepresidenan di teater di Washington, DC, dan secara fatal menembak Lincoln.

Saat Lincoln merosot ke depan di kursinya, Booth melompat ke atas panggung dan melarikan diri melalui pintu belakang. Presiden Lincoln yang terluka itu diperiksa oleh seorang dokter di antara para penonton dan dibawa ke seberang jalan menuju Petersen House, di mana ia meninggal keesokan paginya. 

Dalam pencarian, Booth menghindari penangkapan selama 12 hari. Namun akhirnya ia berhasil dilacak di sebuah peternakan di Virginia dan ditembak.

Selain tiket tersebut, yang juga terjual pada lelang hari Sabtu adalah edisi pertama debat capres Lincoln-Douglas yang ditandatangani oleh Lincoln, yang terjual dengan harga hampir 594.000 dolar AS atau senilai Rp 9,1 miliar. 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement