Ahad 01 Oct 2023 13:33 WIB

Tokoh Pro-Rusia Memenangkan Pemilu Slovakia

Mantan Perdana Menteri Slovakia Robert Fico memenangkan pemilihan parlemen.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha
Mantan Perdana Menteri Slowakia Robert Fico.
Foto:

“Pembagian kursi menegaskan HLAS sebagai sebuah partai yang tanpanya koalisi pemerintah yang berfungsi normal tidak dapat bersatu,” kata Pellegrini ketika sebagian besar hasil pemilu sudah diketahui.

“Jika Anda bertanya kepada saya apakah kami lebih memilih kombinasi atau koalisi apa pun, saya ingin menjawab tidak sama sekali," ujarnya.

PS telah menganjurkan untuk mempertahankan dukungan kuat Slovakia terhadap Ukraina. Kemungkinan partai itu juga akan mengikuti garis liberal di UE dalam isu-isu seperti pemungutan suara mayoritas untuk membuat blok tersebut lebih fleksibel, kebijakan ramah lingkungan, dan hak-hak LGBT.

Pemimpin PS Michal Simecka ketika berbicara saat suara terbanyak dihitung menyatakan, tidak putus asa. Dia optimistis masih dapat membentuk pemerintahan berikutnya, tergantung pada seberapa besar kemungkinan sekutu yang lebih kecil akan terbentuk.

“Tujuan kami adalah agar Slowakia setelah pemilu ini memiliki pemerintahan pro-Eropa yang stabil dan peduli terhadap supremasi hukum dan mulai memecahkan masalah serta berinvestasi di bidang-bidang penting bagi masa depan kita,” ujar mantan reporter dan lulusan Oxford.

Koalisi apa pun yang berpotensi dibentuk oleh PS kemungkinan besar memerlukan HLAS dan melibatkan partai-partai yang lebih beraliran kanan atau konservatif secara sosial. Kondisi itu akan menumpulkan upaya PS yang progresif secara sosial dan integrasi ke Uni Eropa.

Fico terpaksa mengundurkan diri pada 2018 setelah protes massal terhadap korupsi yang terjadi setelah pembunuhan seorang jurnalis investigasi. Pellegrini yang saat itu merupakan anggota SMER-SSD mengambil alih jabatannya dan memimpin pemerintahan hingga 2020.

 

Saat itu partai-partai kanan-moderat yang berjanji untuk memberantas korupsi berhasil memenangkan pemilu. Namun pemerintahan mereka runtuh tahun lalu setelah pertikaian internal, sehingga membuka jalan bagi pemilu awal yang berlangsung pada Sabtu.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement